Gandeng FAW Group, Audi Mau Bikin Mobil Listrik Made In China

Sabtu, 23 Januari 2021 - 15:05 WIB
loading...
Gandeng FAW Group, Audi Mau Bikin Mobil Listrik Made In China
Purwarupa Premium Platform Electric (PPE) atau mobil listrik mewah Audi. Foto: dok Autocar
BEIJING - Audi dipastikan bakal memproduksi mobil listrik di Tiongkok, memanfaatkan kerjasama dengan First Automobile Works atau FAW . Kedua pabrikan tersebut nantinya akan membentuk perusahaan joint venture.

Dikutip dari Autocar, Kamis (21/1), rencananya, pabrik mobil listrik ini akan mulai dibangun pada 2024 di Changchun, China. Kemungkinan, pabrik ini juga bakal melahirkan mobil listrik Audi Q5 dan Q5L e-tron generasi ketiga.

BACA JUGA: Jangan Kaget, Mobil Sultan Tetap Perlu Uji Emisi, Disini Lokasinya

Tak hanya itu, Audi juga mempertimbangkan untuk memproduksi mobil versi long wheelbase seperti Audi A4L, Audi A6L, Audi Q5L dan E-Tron Quattro EV berperforma terbaik di pabrik tersebut.



Nantinya, semua mobil listrik Audi yang dibangun di pabrik tersebut, akan mengadopsi platform PPE, hasil pengembangan Audi dengan Porsche. Selain Audi, platform ini juga digunakan oleh sejumlah model Volkswagen.

BACA JUGA: 8 Fakta Tentang Honda Brio, Penyelamat Honda Selama Pandemi Covid-19 2020

Berbeda dengan platform J1 yang dipakai Porsche Taycan, platform PPE diklaim lebih modular serta memiliki perbedaan dalam ukuran yang lebih besar dan memiliki ground cleareance cukup tinggi.



Seperti diketahui, Audi sendiri sudah mengumumkan bakal menguasai sepertiga pasar mobil listrik di China pada 2025 mendatang.
(dan)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE