China Ancam Audi dan Chrysler atas Tuduhan Monopoli

Rabu, 06 Agustus 2014 - 15:11 WIB
China Ancam Audi dan Chrysler atas Tuduhan Monopoli
China Ancam Audi dan Chrysler atas Tuduhan Monopoli
A A A
SHANGHAI - Pemerintah China mengancam akan menghukum produsen mobil Eropa, Audi dan Chrysler, serta 10 pembuat suku cadang mobil Jepang atas tuduhan melanggar undang-undang anti-monopoli.

Komisi Pembangunan Nasional dan Reformasi (NDRC), badan yang bertanggung jawab menegakkan aturan anti-kompetisi harga mengungkapkan, pihaknya telah menemukan Fiat SpA Chrysler di Shanghai dan Volkswagen 's Audi di Hubei terlibat dalam perilaku monopoli.

Dilansir dari Reuters, Rabu (6/8/2014), Li Pumin, juru bicara dari NDRC mengatakan, pemerintah juga telah menyelesaikan penyelidikan terhadap 12 produsen suku cadang mobil Jepang yang melanggar hukum anti-monopoli. Namun, NDRC tidak mengidentifikasi nama pembuat spare-part dan berapa banyak dari mereka yang akan dihukum.

China mengintensifkan upaya untuk membawa perusahaan mengikuti undang-undang anti-monopoli yang diberlakukan pada 2008, setelah dalam beberapa tahun terakhir dilakukan di industri lain, seperti susu bubuk dan perhiasan.

NDRC menambahkan, pihaknya juga telah melakukan penyelidikan terhadap Daimler Mercedes-Benz. Di mana pada pekan lalu, divisi Jiangsu NDRC melakukan investigasi ke dealer Mercedes-Benz di lima kota.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0683 seconds (0.1#10.140)