Indian Tipe Internasional Lebih Cocok di Indonesia

Rabu, 20 Agustus 2014 - 10:04 WIB
Indian Tipe Internasional Lebih Cocok di Indonesia
Indian Tipe Internasional Lebih Cocok di Indonesia
A A A
JAKARTA - Polaris Industries Inc, selaku induk Indian memproduksi "The First American Motorcyles" dalam dua tipe. Tipe pertama ditujukan khusus untuk pasar Amerika Serikat (AS) dan tipe kedua untuk pasar global. Tipe internasional dianggap cocok untuk kondisi alam Indonesia.

"Biasanya motor yang masuk oleh importir umum adalah tipe domestik (khusus pasar AS), sedangkan yang kami bawa merupakan tipe internasional (global). Tentu ada perbedaan, karena tipe internasional lebih cocok dengan alam Indonesia," papar Marketing Manager PT Arya Motor Indonesia (AMI) selaku distributor tunggal Victory dan Indian di Indonesia, T.A. Soeharto di Rolling Stone Cafe, Selasa (19/8/2014).

Dirinya menjelaskan, perbedaan antara tipe domestik dan internasional terletak pada katalisator pembuangan akhir. Dimana tipe domestik didesain sesuai peraturan di AS. Meski terlihat lebih "go green" hal itu berdampak pada panas mesin.

"Di AS, peraturan gas buang dan bunyi sangat diatur, makanya diberi katalisator. Mungkin terlihat lebih ramah lingkungan. Namun untuk di Indonesia akan membuat mesin cepat panas. Apalagi jika digunakan di Jakarta yang panas ya," imbuhnya sambil tersenyum.

Lebih lanjut menurutnya, jika konsumen ingin katalisator dicabut prosesnya tidak semudah itu. Sebab, katalisator yang sejatinya bertugas untuk mereduksi partikel racun dikendalikan lewat software kelistrikkan.

"Sulit jika ingin dicabut, sebab berkaitan dengan kelistrikan. Jika ingin dicabut maka harus mengganti software, dan hanya dealer AMI yang bisa. Harganya berkisar Rp6 jutaan," tukas Soeharto.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8914 seconds (0.1#10.140)