China Bantah Pemaksaan Bentuk Perusahaan Suku Cadang Lokal

Rabu, 03 September 2014 - 14:35 WIB
China Bantah Pemaksaan Bentuk Perusahaan Suku Cadang Lokal
China Bantah Pemaksaan Bentuk Perusahaan Suku Cadang Lokal
A A A
BEIJING - Pemerintah China tidak akan memaksa para produsen suku cadang mobil asing membentuk perusahaan patungan lokal. Badan perdagangan Eropa di China menampik kabar tersebut, mengatakan pemerintah Beijing tidak memiliki rencana apapun terkait pembentukan perusahaan lokal.

Dilansir dari Inautonews, Rabu (3/10/2014), bantahan tersebut muncul setelah surat kabar Jerman, Stuutgarter Zeitung mengutip pernyataan Ketua ElringKlinger AG (penyuplai suku cadang mobil-mobil Jerman) yang mengatakan, China berusaha membujuk tiga pemasok suku cadang membentuk kemitraan dengan perusahaan lokal.

"Kamar Dagang Eropa yakin, bahwa rumor ini tidak berdasar dan bahwa pemerintah Cina tidak berniat meminta pembentukan usaha patungan di sektor ini," petikan bunyi pernyataan di situs resmi, disampaikan oleh Kamar Dagang Uni Eropa di China.

Badan perdagangan Eropa bahkan telah berbicara dengan perusahaan yang terlibat, mulai dari otoritas China, produsen automotif, dan sejumlah perusahaan anggota di sektor automotif.

"Kamar Dagang Eropa telah diyakinkan oleh otoritas China bahwa langkah tersebut akan bertentangan dengan niat pemerintah untuk lebih meliberalisasi sektor suku cadang mobil," kata Kamar Dagang Eropa.

Diduga, pembicaraan ini bermula saat badan anti monopoli China mengumpulkan bukti, adanya dugaan praktek monopoli di sektor otomotif dan suku cadang mobil, yang dilakukan produsen mobil asing.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8385 seconds (0.1#10.140)