Autogas Indonesia Tawarkan Solusi Hemat BBM

Minggu, 21 September 2014 - 13:59 WIB
Autogas Indonesia Tawarkan Solusi Hemat BBM
Autogas Indonesia Tawarkan Solusi Hemat BBM
A A A
JAKARTA - PT Autogas Indonesia (AI) Produsen converter kit BBG (Bahan Bakar Gas) di Indonesia menawarkan solusi alternatif penggunaan BBM.

Produk after market ini bisa ditemui di ajang pameran mobil Indonesia International Motor show (IIMS) 2014. Ada dua energi alternatif selain bensin dan solar yang ditawarkan Autogas Indonesia.

Keduanya adalah BBG jenis compressed natural gas (CNG) dan BBG Liquified Gas for Vehicle (LGV). Ini adalah sebuah solusi untuk beralih dari bensin dan solar yang semakin lama semakin menipis.

Bila dibandingkan dengan Bensin maupun solar, penggunaan bahan bakar ini lebih hemat. Pihak AI mengklaim dengan memakai BBG bisa berhemat hingga Rp2,3 juta per bulan.

Pemasangan converter kit BBG CNG dibanderol Rp17-Rp22 juta. Sedangkan harga konverter kit untuk tipe LGV berada di kisaran Rp14-Rp17 juta.

"Untuk pemasangan BBG jenis LGV memang lebih mahal. Kendati demikian semua sangat aman digunakan," ucap Teknisi Autogas Arif Effendi di Kemayoran, Sabtu (20/9/2014).

BBG tipe CNG lebih mahal, karena tekanan bahan bakar ini lebih besar dibandingkan tipe LGV. Selain itu, dibutuhkan instalasi BBG lebih baik.

Bila disimulasikan, pengisian penuh satu tabung CNG cukup Rp37.500, dengan harga Rp3.100 per liter. Namun infrastruktur untuk pengisihan bahan bakar ini belum tersebar merata di wilayah Indonesia.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8146 seconds (0.1#10.140)