Indonesia Klaim Jago Membuat Mobil

Kamis, 25 September 2014 - 19:49 WIB
Indonesia Klaim Jago Membuat Mobil
Indonesia Klaim Jago Membuat Mobil
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengklaim Indonesia jago dalam membuat mobil.

Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kemenperin Budi Darmadi mengatakan, tantangan yang dihadapi Indonesia adalah wilayah geografis terpisah-pisah.

"Secara geografis Thailand lebih kuat, karena dekat dengan Myanmar dan Kamboja. Sehingga ekspor lebih mudah ditempuh dengan jalan darat," ujar Budi, dalam seminar "The 9th Indonesia International Automotive Conference" di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta, Kamis (25/9/2014).

Dia menuturkan, selalu ada tantangan untuk menjadi yang terdepan. Termasuk menjadi negara berbasis ekspor kendaraan. Meski demikian, dia mengkui keunggulan Indonesia terletak pada produk yang dapat diterima di mana saja. Terutama negara-negara berkembang.

"Alasannya produk kita memang untuk negara berkembang. Hatchback, MPV, SUV kita jago bikin. Buktinya ekspor kita terus meningkat. Jadi, kita bisa ambil kesempatan di situ," imbuhnya.

Budi menyebutkan, mobil yang diekspor Indonesia memiliki keunggulan model. "Mobil dengan ground clereance tinggi, dan mobil-mobil tujuh penumpang kita jagonya. Belum lagi kita punya 500 perusahaan aksesori. Potensinya sangat besar," tandas Budi.

Optimisme muncul ditunjang pasar Malaysia yang mulai jenuh, serta negara lain yang belum mempunyai basis kuat menjadi negara produksi ekspor.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2943 seconds (0.1#10.140)