Mobil Self Driving Google Siap Meluncur Awal 2015

Kamis, 25 Desember 2014 - 15:36 WIB
Mobil Self Driving Google Siap Meluncur Awal 2015
Mobil Self Driving Google Siap Meluncur Awal 2015
A A A
CALIFORNIA - Google menyatakan selangkah lagi menghadirkan mobil self driving ke jalan raya dan kini sedang membangun prototipe mobil auto pilot untuk produksi masal di awal 2015.

Sebelumnya, Google sudah menghadirkan mobil self driving pada Mei lalu. Tapi saat itu mobil tersebut banyak menuai kritik karena kurang fitur. Salah satu yang paling vokal menolak ialah para pejabat di California.

Pemerintah California menolak konsep awal mobil self driving Google, mereka bersikeras setiap mobil harus punya setir konvensional dan tetap memiliki campur tangan manusia.

Kendaraan murni robot tanpa peran manusia justru dianggap tidak baik. Bagaimana pun manusia memiliki "sensor" yang belum bisa digantikan robot ataupun sistem lain.

Revisi ini sekaligus untuk mematuhi peraturan keselamatan jalan raya Amerika Serikat yang menyatakan setiap mobil harus memiliki lampu. Baik lampu utama ataupun lampu sen.

"Sejak itu, kami telah bekerja pada prototipe yang berbeda. Masing-masing dirancang untuk menguji sistem yang berbeda dari mobil self driving. Misalnya, bagian khas 'mobil' seperti kemudi dan rem," kata Google yang dilansir dari Leftlanenews, Kamis (25/12/2014).

Selain menguji bagian-bagian khas mobil normal, Google juga mengklaim menyempurnakan bagian yang paling krusial, yaitu perangkat komputer dan sensor yang memungkinkan mobil menyetir auto-pilot.

"Sekarang kami telah menempatkan semua sistem di dalam kendaraan yang berfungsi penuh. Ini adalah prototipe lengkap pertama kami yang sepenuhnya mengemudi otonom," tambah Google.

Kendati sudah siap jalan, model awal tidak akan 100% auto pilot akan tetap ada "sopir keselamatan" di belakang setir sementara Google terus menyempurnakan perangkat lunak dan perangkat keras.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7150 seconds (0.1#10.140)