Indonesia Terbuka Menerima Investor Termasuk Malaysia

Senin, 09 Februari 2015 - 22:15 WIB
Indonesia Terbuka Menerima Investor Termasuk Malaysia
Indonesia Terbuka Menerima Investor Termasuk Malaysia
A A A
Anggapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara produsen mobil Proton Holdings Bhd dengan perusahaan asal Indonesia PT Adiperkasa Citra Lestari menjadi perbincangan. Bahkan anggapan miring tentang kemunculan mobnas tidak terelakan

Seperti dikutip dari laman Setkab, Senin (9/2/2015), santernya berbagai isu pemberitaan membuat Jokowi meluruskan kesimpang siuran terkait kehadirannya pada acara penandatanganan memorandum of understanding (MoU).

Di sela-sela acara kunjungannya di tempatnya menginap Hotel Diamond, Manila, Filipina, Senin (9/2) pagi, Presiden Jokowi mengemukakan, bahwa acara MoU itu adalah perjanjian antar perusahaan (bisnis to bisnis), dan sebuah MoU yang sangat awal sekali. Studi kelayakannya juga belum ada.

Namun soal kehadirannya di acara tersebut, menurut Presiden Jokowi karena ia memenuhi undang mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohammad dan PM Najib (Dato Sri Mohammad Najib Tun Abdul Razak).

“Jadi kemarin karena diundang Doktor Mahatir dan Pak PM Najib, ya saya datang jadi masih awal-awal sekali,” kata Jokowi.

Presiden menolak menjawab pertanyaan mengenai spesifik mobil Proton dimaksud, karena itu menyangkut deal antar dua perusahaan. “Ditanya ke sana, saya sampaikan itu bisnis to bisnis, jadi ditanyakan ke sana,” tukasnya.

Demikian pula saat ditanya kesiapan untuk menjadikan Proton sebagai mobil nasional, Presiden Jokowi menegaskan, belum sama sekali. Bahkan studi kelayakannya juga belum.

“Saya mustikan harus melihat studi kelayakan seperti apa kemudian targetnya yang musti dicapai itu seperti apa,” tukas Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, Indonesia adalah negara yang sangat terbuka, yang menerima investasi dari manapun, termasuk Malaysia.

“Ya kalau investasi ya silahkan, mau dari Korea juga silahkan, mau dari Jepang yang sudah banyak dan mau investasi lebih besar lagi silahkan, kita butuh investasi,” tutur Jokowi.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9769 seconds (0.1#10.140)