Gaikindo Terbuka jika Adiperkasa Ingin Jadi Anggota

Selasa, 10 Februari 2015 - 22:27 WIB
Gaikindo Terbuka jika Adiperkasa Ingin Jadi Anggota
Gaikindo Terbuka jika Adiperkasa Ingin Jadi Anggota
A A A
JAKARTA - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) membuka kesempatan kepada seluruh merek mobil jika ingin menjadi anggota. Termasuk PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL) yang menandatangani kerja sama (MoU) dengan Proton Holding Bhd untuk membangun mobil nasional (mobnas).

Hanya saja, PT ACL harus membuktikan kiprahnya dalam membangun mobil. Sementara kerja sama dengan Proton baru sebatas perjanjian bisnis sehingga belum ada produk resmi yang meluncur.

"Tidak ada aturan selama ini, mungkin saja kalau nanti sudah deal. Dan, berkiprah seperti itu mungkin saja masuk menjadi anggota Gaikindo. Kami terbuka. Jadi, gaikindo terbuka untuk seluruh merek," ujar Ketua Umum Gaikindo, Sudirman MR di Jakarta, Selasa (10/2/2015).

Dia menekankan, Gaikindo tidak khawatir jika kerja sama tersebut melahirkan mobnas. Seluruh anggota mendukung dan akan mengikuti program pemerintah. Namun, sebagai regulator pemerintah diminta tegas memberikan definisi dan kriteria mobnas.

"Gaikindo sih senang saja, silakan saja. Jadi, apakah itu diperlukan mobnas seperti apa, kami akan mendukung. Beberapa waktu lalu pun pernah ada gagasan dari pemerintah soal Mobnas pada 1996 (Timor). Kami mendukung," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6187 seconds (0.1#10.140)