Kaca Helm LCD AGV Bisa Berubah-Ubah

Minggu, 08 Maret 2015 - 16:40 WIB
Kaca Helm LCD AGV Bisa Berubah-Ubah
Kaca Helm LCD AGV Bisa Berubah-Ubah
A A A
LONDON - Selain kekuatan benturan, hal yang paling penting dari helm adalah kaca atau visor. Meski pada umumnya visor terbuat dari plastik, perannya tidak dapat dianggap ringan, visor merupakan jendela pengemudi ketika berkendara.

Dulu pembeli hanya dapat memakai satu warna visor untuk tiap helm, gelap/hitam atau bening. Masing-masing memiliki keunggulan, tapi juga kekurangan. Visor bening bagus di malam hari, tapi payah saat matahari terik. Pun begitu sebaliknya untuk warna gelap.

Tren kemudian berubah. Visor gelap kini ada yang sudah tersedia di dalam kaca bening sebagai cadangan. Tapi ini juga masih kurang manjur. Sebab mata pengendara terpaksa menembus dua lapis kaca. Belum lagi ketika visor tersebut sudah banyak gores.

Dilansir dari Motorcyclenews, Minggu (8/3/2015), menjawab tantangan tersebut, AGV, produsen helm dunia asal Italia merilis visor helm yang mampu berubah dari bening ke gelap hanya dengan menekan satu tombol.

Visor tersebut menggunakan ikatan layar LCD ultra tipis pada permukaan bagian dalam kaca. Layar tipis tersebut dikendalikan oleh remote kecil yang dipasang di helm. Tenaga listrik untuk mengaktifkan layar tersebut diambil dari daya baterai.

AGV mengklaim, dalam modus visor gelap, baterai mampu bertahan selama 12 jam. Tapi jika tidak digunakan atau dalam kondisi stanby, baterai mampu bertahan hingga ratusan jam. Jika habis, pengguna cukup mengisi ulang menggunakan micro USB.

Tertarik? Anda harus bersabar. Sebab kaca helm ini baru lauching pada Mei 2015. Itu pun di Inggris dengan harga 149 pound atau setara Rp2,9 juta. Makin penasaran? AG Visor baru tersedia untuk helm-helm high end AGV seperti Pista GP, Corsa dan GT Veloce.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8190 seconds (0.1#10.140)
pixels