Cara Nissan Pertahankan Harga Lama

Senin, 16 Maret 2015 - 11:56 WIB
Cara Nissan Pertahankan Harga Lama
Cara Nissan Pertahankan Harga Lama
A A A
JAKARTA - Nissan Motor Indonesia (NMI) menilai, jika imbas penguatan dollar terhadap rupiah dilimpahkan kepada konsumen dengan serta-merta menaikkan harga jual maka hal tersebut tidak adil. Saat ini, langkah yang paling tepat ialah dengan cara cost reduction.

"Cara mengerem efek dollar tidak hanya menaikkan harga. Pabrikan punya alternatif bernama cost reduction. Kita kerja keras supaya supplier menemukan solusi produksi parts dengan harga dan kualitas sama," ujar GM Marketing Strategy & Product Planning NMI Budi Nur Mukmin.

Dengan demikian, lanjut Budi, pihaknya dalam hal ini merek Nissan dan Datsun belum punya rencana menaikkan harga jual produknya. Jika pun nantinya ada skenario harus menaikkan harga jual, maka akan tergantung pada nilai TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) tiap model.

"Tergantung mobilnya apa? Grand Livina lokalnya sudah 70-80%, X-Trail baru 40%. Sedangkan untuk mobil baru antara 30-40%, tapi seiring waktu kita bekerja agar komponen lokalnya lebih tinggi, sehingga ada cost reduction itu tadi," imbuhnya.

President Director PT NMI Steve Adrianto, menjelaskan, jika ada kenaikan harga, maka jumlah kenaikan paling tinggi akan dirasakan segmen premium. Karena segmen ini memiliki TKDN paling kecil.

Sementara untuk level medium dan low kenaikan harga tidak terlalu tinggi. Karena dua segmen ini memiliki TKDN paling besar. Komponen yang harus didatangkan dari luar negeri lebih sedikit.

"Terus terang, untuk Serena dan X-Trail yang harganya Rp400 jutaan ke atas dan volumenya kecil, lokal kontennya tidak bisa banyak. Biasanya sekitar 20% sampai 30%, berarti 70% komponen lain harus impor," pungkasnya.

Sebagai catatan, tahun ini Nissan menargetkan penjualan seluruh model sebesar 40 ribu unit. Angka tersebut sama seperti target 2014, dimana penjualan terbesar disumbang Grand Livina dengan total pencapaian 20 ribu unit.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8385 seconds (0.1#10.140)