Mobileye Alat Sensor Bantu Kurangi Risiko Kecelakaan

Rabu, 18 Maret 2015 - 15:48 WIB
Mobileye Alat Sensor Bantu Kurangi Risiko Kecelakaan
Mobileye Alat Sensor Bantu Kurangi Risiko Kecelakaan
A A A
JAKARTA - Tingkat kewaspadaan saat mengemudi sangatlah penting. Bila tidak, ini akan menyebabkan kecelakaan, bahkan bisa berpotensi menjadi penyebab kematian.

Namun, saat ini terdapat sebuah alat untuk mendeteksi potensi tabrakan, namanya Mobileye. Bisa dikatakan alat ini sebagai mata ketiga yang secara menerus memantau situasi jalan yang dilalui.

Penggunaannya sangat mudah, cukup memasangkan alat berupa sensor pada bagian mobil serta layar monitor dalam kabin untuk memantau system kerja sensor.

Setelah terpasang, Mobileye akan mengidentifikasi potensi situasi berbahaya. Dan akan memberikan peringatan berupa gambar dan suara, untuk membantu pengemudi dalam mencegah atau mengurangi potensi kecelakaan.

Dalam monitor alat ini akan memberitahu dalam waktu 2,7 detik sebelum tabrakan. Ini memungkinkan pengemudi mengambil tindakan. Selain itu mobil akan terpantau dengan jarak aman antara satu kendaraan dengan kendaraan lain.

"Bukan hanya itu alat ini, alat ini juga akan memberikan warning tabrakan pejalan kaki, pengguna sepeda, peringatan dari arah depan, peringatan dalam kondisi padat, perpindahan jalur, kontrol lampu atau indikasi batas kecepatan," ungkap Direktur Operationa PT Bina Putera Sejati, Louis Woen saat presentasi produk di gelaran INAPA 2015, Rabu (18/3/2015).

Woen menambahkan, saat ini pihaknya sedang melakukan penjajakan masuk kesalah satu produk APM (Agen Pemegang Merek) untuk menggunakan alat ini. "Masih rahasia, yang jelas salah satu produsen yang produknya merata di pasaran," pungkasnya.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8957 seconds (0.1#10.140)