Di INAPA Ada Mesin Diesel Tapi Berbahan Bakar LPG

Kamis, 19 Maret 2015 - 14:12 WIB
Di INAPA Ada Mesin Diesel Tapi Berbahan Bakar LPG
Di INAPA Ada Mesin Diesel Tapi Berbahan Bakar LPG
A A A
JAKARTA - Konverter kit dari mesin bensin ke bahan bakar gas (BBG) sudah banyak ditemukan, tapi untuk mesin diesel mungkin masih sedikit yang menyediakan.

Penggagasnya adalah PT Tritunggal Prakarsa Global (TPG), produsen lokal asal Cibinong, Jawa Barat ini menyediakan konverter kit BBG untuk mesin peminum solar.

Uniknya konverter kit diesel ini tetap memakai busi tidak ubahnya mesin bensin. Sebab pembakaran gas tetap perlu pemantik, yang tidak bisa diserahkan pada teknis mesin.

"Diesel kan tidak pakai busi, mereka pakai kompresi agar solar kebakar. Nah kalau gas tidak bisa, tetap harus pakai busi," ujar R&D PT TPG Hakim Pane di acara INAPA 2015, Kamis (19/3/2015).

Hakim mengklaim konverter kit yang dia jual mampu mengkonversi gas jenis CNG maupun LPG. Pengguna bisa menggunakan gas Elpiji yang tersedia untuk rumah tangga.

"Gas LPG atau CNG bisa. Tapi kalau mau gampang pakai gas tabung LPG yang ada di warung-warung," imbuhnya.

Dengan keunggulan tersebut, Hakim yakin mesin diesel yang menggunakan gas baru pertama di Indonesia. "Mesin diesel pakai gas ini baru ada satu doang. Kita pemain pertama kali," tuturnya.

Sayang, kendati sangat potensial konverter kit ini baru dibuat untuk mesin-mesin kapal nelayan. Sementara dia belum menyediakan untuk mesin diesel yang dipakai mobil.

Salah satu alasannya, kata Hakim pihaknya sedang menggalakkan program pemerintah yang mendukung pekerjaan nelayan.

"Sementara ini untuk kapal nelayan aja. Karena nelayan lagi ada program ya. Saya fokus ke nelayan dulu deh ya. Karena ada penawaran 2.000 nelayan di pantura," pungkasnya.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9735 seconds (0.1#10.140)