Membedah Canggihnya Hyundai Ioniq 5 Signature yang Jadi Mobil Dinas Pemprov DKI Jakarta

Jum'at, 24 Februari 2023 - 16:20 WIB
Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 Signature memiliki banyak keistimewaan sebagai mobil dinas Pemprov DKI. Foto/DOK. Hyundai Motors Indonesia.
JAKARTA - Jangan kaget jika suatu saat nanti puluhan mobil listrik Hyundai Ioniq 5 bakal wara-wiri di sekitaran Tugu Monas dan Kebon Sirih, Jakarta. Pasalnya Pemprov DKI Jakarta akan menjadikan mobil listrik buatan Cikarang, Jawa Barat itu sebagai mobil dinas .

Untuk pengadaan mobil listrik itu Pemprov DKI Jakarta mengalokasikan dana sebesar Rp20,3 miliar. Saat ini Hyundai Ioniq 5 Signature terdiri dari dua varian yakni Hyundai Ioniq 5 Signature Standard Range dengan harga Rp809 juta dan Hyundai Ioniq 5 Signature Long Range dengan banderol Rp859 juta.

Jadi diperkirakan setidaknya Pemprov DKI Jakarta akan mendapatkan 23 mobil listrik Hyundai Ioniq 5 Signature. Jadi kehadiran mobil listrik itu di jantung Ibu Kota sangat mudah terlihat.

Lalu apa saja sih istimewanya Hyundai Ioniq 5 Signature? Tentu saja fitur yang ada di mobil listrik itu lebih banyak dibanding di model lainnya Hyundai Ioniq 5 Prime.





Bicara mengenai fitur unggulan, varian Signature Standard maupun Long Range telah tersematkan Vision Roof yang diketahui dapat meningkatkan visibilitas serta gaya berkendara.

Dari segi kenyamanannya, power adjustment seat with lumbar tersedia di dua bangku pengemudi dan penumpang depan. Tak hanya itu semua bangkunya sudah dilengkapi memory seat configuration, serta front heated and ventilated seat, rear heated seat dan relaxation comfort seat di baris pertama.

Menyoal fitur hiburan, Hyundai Ioniq 5 Signature dibenamkan head unit 12.3-inch Full TFT LCD Touch Audio Display yang dapat terhubung ke smartphone secara nirkabel lewat fitur Bluetooth, atau disambungkan dengan kabel USB melalui USB multimedia port yang tersedia. Nah yang membedakan dengan tipe prime adalah tata suaranya yang jauh lebih premium karena dilengkapi dengan BOSE Premium Sound System dengan 8 speakers.

Lebih lanjut Hyundai Ioniq 5 Signature memiliki fitur wireless smartphone charging system yang terletak di konsol tengah, sliding center consol, power tailgate, dan Vehicle to Load (V2L).

Nah teknologi V2L itu berfungsi mengirimkan daya listrik yang dimiliki mobil untuk menghidupkan perangkat elektronik seperti microwave. Daya yang dialirkan mencapai 3.600 watt sehingga sangat cocok digunakan untuk camping atau melakukan kegiatan di luar ruang.

Arus listrik V2L dapat diperoleh dari dua sumber yang dapat dipakai bersamaan, yaitu dari port pengisian daya di bagian luar yang dapat difungsikan saat mobil dalam kondisi berhenti atau mati. Selain itu juga bisa dilakukan melalui port yang ada di kabin mobil.

Hyundai Ioniq 5 Signature dilengkapi dengan dua port V2L yakni di body mobil dan di kabin mobil. Beda dengan Hyundai Ioniq 5 Prime yang hanya punya satu port V2L di body mobil.
(wsb)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More