Begini Cara Paling Benar Melewati Polisi Tidur dengan Sepeda Motor

Senin, 20 Maret 2023 - 08:15 WIB
Ada cara terbaik dan paling nyaman untuk melewati polisi tidur. Foto: dok Yamaha
JAKARTA - Keberadaan polisi tidur atau speed trap bertujuan untukmemperingatkan kendaraan agar mengurangi kecepatannya. Nah, ada cara tepat untuk melewati polisi tidur dengan sepeda motor .Sebab jikatidak dilalui dengan hati-hati, polisi tidur bisa menjadi penyebab kecelakaan.

Polisi tidur biasanya ada di jalanan yang ramai seperti persimpangan, juga pemukiman padat penduduk untuk menghindari pengendara sepeda motor yang melaju kencang karena kondisi jalan tersebut ramai pejalan kaki.

Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa tips cara melewati polisi tidur dari Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta:

1. Perhatikan tanda-tanda polisi tidur

Pengendara perlu mengenali jalan yang terdapat polisi tidur, sehingga mudah mengantisipasi dari kejauhan. Lalu sebelum mencapai polisi tidur, pastikan Anda telah memperhatikan tanda-tanda peringatan yang biasanya dipasang di jalan.

Tanda-tanda tersebut bisa berupa papan tanda berwarna kuning atau lambang polisi tidur yang terbuat dari cat putih atau kuning di permukaan jalan. Ketika Anda melihat tanda-tanda tersebut, maka berhati-hatilah dan siapkan diri Anda untuk menghadapi polisi tidur.



2. Kurangi kecepatan

Ketika Anda sudah mendekati polisi tidur, mulailah untuk melambatkan kecepatan kendaraan. Kurangi kecepatan secara perlahan dan pastikan Anda tidak mengerem secara tiba-tiba.

Jika Anda mengerem secara mendadak, maka bisa menyebabkan roda sepeda motor terkunci dan membuat kendaraan menjadi tidak stabil. Kurangi kecepatan dengan menggunakan rem depan dan belakang secara halus.

Lakukan pengereman sebelum melewati polisi tidur, lepas rem sesaat ketika mau melewatinya dan buka gas kembali saat roda belakang sudah melewati polisi tidur.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More