7 Negara dengan Masa Berlaku SIM Terpanjang, Ada yang 20 Tahun

Senin, 15 Mei 2023 - 08:04 WIB
Masa berlaku SIM di beberapa negara ternyata sangat berbeda. Bahkan jauh lebih lama dibanding Indonesia. Foto: Sindonews/Eko Purwanto
JAKARTA - Sejumlah negara di dunia ternyata menerapkan masa berlaku SIM yang sangat panjang. Bahkan, ada yang sampai 20 tahun. Negara mana saja?

Wacana masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) di Indonesia baru-baru ini mengemuka lagi setelah seorang advokat bernama Arifin Purwanto melakukan gugatan terhadap Undang-undang Lalu lintas.

Dalam gugatannya dia meminta agar masa berlaku SIM bisa seumur hidup. Sehingga, pemegang SIM tidak perlu melakukan perpanjangan setiap lima tahun sekali.

Gugatan ini menuai pro dan kontra. Sebab, ada yang setuju dan ada yang tidak setuju. Pihak kepolisian tentu jadi pihak yang tidak setuju dengan alasan yang masuk akal.

Di tengah-tengah polemik tersebut, ada baiknya kita juga mengecek seperti apa sih masa berlaku SIM di negara-negara lain?



Ternyata, ada sejumlah negara yang memiliki masa berlaku SIM sangat panjang. Bahkan, bisa dikatakan kebanyakan negara-negara di dunia umumnya memiliki masa berlaku SIM hingga 10 tahun.

Nah, berikut ini daftar beberapa negara yang memiliki masa berlaku SIM sangat panjang, yuk cermati :

1. Inggris - Sampai Usia 70 Tahun

Masa berlaku SIM di Inggris sangat fantastis. Sebab, SIM berlaku hingga pemegangnya berusia 70 tahun. Hanya saja setiap 10 tahun sekali harus dilakukan pembaruan SIM yang berupa pemasangan foto terbaru.

2. Amerika Serikat - Sampai Umur 65 Tahun

Amerika Serikat sebenarnya merupakan negara dengan masa berlaku SIM yang cukup kompleks. Pasalnya setiap negara bagian memiliki ketentuan yang berbeda. Hanya saja di State of Arizona masa berlaku SIM cukup panjang yakni sampai pemilik SIM berusia 65 tahun.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More