8 Tips Meninggalkan Motor dalam Jangka Waktu Lama

Selasa, 06 Juni 2023 - 22:05 WIB
Tips meninggalkan motor dalam jangka waktu lama penting dipahami. Foto: Sindonews/Danang Arradian
JAKARTA - Tips meninggalkan motor dalam jangka waktu lama wajib diketahui. Tentu saja, jangan sampai motor yang ditinggalkan itu mengalami banyak masalah. Mulai tidak bisa dinyalakan, korosi , pelumas kering, penggumpalan bahan bakar, dan lainnya.

Karena itu, menjadi penting untuk melakukan perawatan yang tepat sebelum meninggalkan motor dalam waktu lama.

Nah, jika Anda sedang ada tugas luar kota, liburan, atau keperluan lain yang mengharuskan meninggalkan motor dalam waktu lama, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

1. Bersihkan dan Cuci Motor

Sebelum meninggalkan motor, pastikan sudah bersih dan dicuci. Hindari meninggalkan kotoran atau debu pada motor karena dapat menyebabkan korosi atau kerusakan pada permukaan dan komponen motor.

2. Lindungi Motor dengan Penutup



Gunakan penutup motor yang tahan air dan tahan debu untuk melindungi motor dari paparan sinar matahari langsung, hujan, debu, dan kotoran lainnya. Penutup akan membantu menjaga kondisi fisik motor dan mencegah kerusakan.

3. Oli Mesin

Pastikan Anda mengganti oli mesin sebelum meninggalkan motor untuk waktu yang lama. Oli yang segar akan melindungi mesin dari keausan dan korosi selama periode penyimpanan.

4. Baterai

Pastikan baterai terisi penuh sebelum meninggalkan motor, atau pertimbangkan untuk menggunakan pengisi daya baterai otomatis atau memutuskan koneksi baterai jika memungkinkan.

5. Sistem Bahan Bakar

Sebelum meninggalkan motor, pastikan tangki bahan bakar terisi penuh. Ini akan membantu mengurangi risiko kondensasi di dalam tangki yang dapat menyebabkan korosi. Anda juga dapat menambahkan pengawet bahan bakar (fuel stabilizer) sesuai instruksi produsen untuk menjaga kestabilan bahan bakar selama penyimpanan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More