7 Penyebab Pecah Ban di Jalan, Kenali dan Pahami

Selasa, 13 Juni 2023 - 19:05 WIB
Penyebab pecah ban di jalan penting untuk dipahami pemilik kendaraan. Foto: Sindonews/Danang Arradian
JAKARTA - Pecah ban yang tiba-tiba terjadi di tengah jalan menjadi salah satu hal yang perlu diantisipasi oleh pengendara. Caranya, dengan mengetahui apa-apa saja hal yang jadi penyebabnya.

Terlebih, pecah ban dapat menimbulkan resiko kecelakaan cukup tinggi. Hal-hal yang dapat menimbulkan pecah ban ini sebenarnya dapat diminimalisir dengan melakukan pengecekan ban terlebih dahulu.

7 Penyebab Pecah Ban di Jalan

Karena setiap kerusakan yang terjadi di mobil pastinya memiliki sebab tersendiri. Berikut ini beberapa penyebab pecah ban di jalan.

1. Kurang Perawatan

Setiap komponen di mobil memang perlu membutuhkan perawatan. Untuk merawat ban ini sebenarnya sederhana, yakni dengan memeriksa tekanan angin dan membersihkannya.

Karena setiap melakukan perjalanan pastinya akan ada kerikil kecil yang menyangkut di lapisan luar ban. Inilah yang bisa menjadi penyebab pecah ban bila batu-batu kecil tajam ini terus dibiarkan.



2. Kurang Tekanan Udara

Kurangnya tekanan udara juga dapat menjadi penyebab pecahnya ban. Terlebih bila kendaraan dibawa melaju kencang. Kemungkinan ban pecah karena kurang tekanan angin ini akan semakin besar.

Karena itulah, sebelum berkendara alangkah baiknya untuk mengecek tekanan udara terlebih dahulu.

3. Ban Sudah Menipis atau Aus

Apabila ban sudah mulai menipis karena terkikis atau aus, sebaiknya cepat-cepatlah ganti ban luar. Karena hal inilah yang menjadi penyebab pecah ban nanti.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More