Cara Memperbaiki Rem Cakram Depan Motor yang Macet dengan Mudah

Selasa, 04 Juli 2023 - 15:00 WIB
Cara memperbaiki rem cakram depan motor yang macet cukup mudah. Foto: dok Suzuki Indonesia
JAKARTA - Cara memperbaiki rem cakram depan motor yang macet perlu diketahui oleh semua pengguna. Terutama bagi mereka yang senang melakukan perjalanan jauh.

Rem cakram yang macet akan membuat motor berhenti mendadak karena rem tidak kembali meski tuas sudah dilepaskan. Masalah ini tentu sangat membahayakan diri sendiri maupun pengendara lain yang ada disekitarnya.

Penyebab rem macet ini ada beberapa macam. Penyebab umum yang biasa terjadi, yakni banyaknya kotoran yang melekat pada rem. Alhasil, rem tidak berfungsi secara maksimal.

Selain itu, rem macet juga bisa disebabkan oleh kampas rem yang masih baru dipasang.

Biasanya kampas tersebut tidak pas dan bisa juga berasal dari suku cadang yang tidak asli. Maka dari itu disarankan untuk mengganti kampas rem dilakukan di bengkel resmi.



Cara Memperbaiki Rem Cakram Depan Motor yang Macet

Dilansir dari laman resmi Suzuki, berikut ini adalah cara memperbaiki rem cakram depan motor yang macet dengan berbagai penyebabnya:

1. Rem macet karena kotoran

Rem macet karena kotoran dapat diatasi dengan membersihkan kotoran yang menempel pada bagian kampas atau cakramnya. Selain itu, kotoran juga biasanya dapat menempel pada master rem motor. Cara membersihkannya cukup mudah.

- Pertama, buka kaliper pada piringan cakram menggunakan kunci L dan lepas kaliper tersebut.

- Semprot pada bagian celah piston kecil dan komet master rem hingga bersih. Untuk menyemprotkannya bisa menggunakan campuran air dan sabun cuci piring.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More