7 Bus Legenda di Jawa Tengah, Dikenal Masyarakat Karena Berusia Puluhan Tahun

Selasa, 08 Agustus 2023 - 10:22 WIB
7 Bus legendaris di Jawa Tengah ini telah beroperasi hingga puluhan tahun. Foto: dok pribadi
JAWA TENGAH - Sejumlah PO Bus asal Jawa Tengah sampai saat ini dikenal sebagai salah satu legenda sebab mampu bertahan dan menyesuaikan diri dari waktu ke-waktu.

Banyaknya peminat setia juga membuat PO Bus Jawa Tengah ini masih tetap eksis setelah puluhan tahun melayani. Meski di tengah gempuran transportasi online yang sediakan perjalanan luar kota tak menghentikan mobilitas dari sejumlah PO Bus ini.

Berikut ini ulasan singkat dari tujuh PO Bus Jawa Tengah yang telah melegenda dan banyak dikenal masyarakat.

7 Bus Legenda di Jawa Tengah

1. PO Nusantara

Dilansir dari laman resmi PO Nusantara, perusahaan otobus ini telah berdiri sejak 1968 di Kudus oleh Yananto Budianto. Awalnya PO Nusantara hanya terkonsentrasi untuk melayani trayek pendek Jawa Tengah saja, Semarang – Kudus – Lasem.

Lalu, perusahaan ini mulai mengembangkan operasinya untuk memulai melayani konsumen pada jalur jalur yang lebih jauh sejak 1970. Kini PO Nusantara telah melayani sekitar 164 rute.



2. PO Rosalia Indah

Perusahaan Otobus yang bermarkas di Karanganyar, Jawa Tengah ini telah berdiri sejak tahun 1983. PO Bus ini dibentuk oleh pasangan suami istri Bapak Yustinus Soeroso dan Ibu Yustina Rahayuni Soeroso.

Beberapa rute yang disediakan oleh PO Rosalia Indah diantaranya, Jakarta, Bogor, Tangerang, Merak, Lampung, daerah di Jawa Tengah, Jawa Timur hingga ke Sumatera. Dalam armada PO Bus ini juga telah tersedia beberapa bus mewah.

3. PO Santoso

Selanjutnya ada PO Bus yang didirikan pada 1970 oleh seorang dokter bernama Anwar Sani. Dia menjalankan perusahaan yang sebelumnya dibentuk oleh orang tuanya dengan nama PO Tresno.

Perusahaan yang berbasis di Magelang ini melayani rute AKAP dari Klaten - Wonosari - Yogyakarta - Magelang menuju Jakarta dan sekitarnya. Selain itu, PO Santoso juga menyediakan jasa pariwisata dan pengiriman paket.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More