Mengenal BYD, Raksasa Otomotif China yang Bakal Segera Investasi di Indonesia

Sabtu, 16 September 2023 - 18:04 WIB
BYD menjadi salah satu pabrikan mobil listrik terbesar di dunia selain Tesla. Foto: Nikkei Japan
CHINA - Mendengar nama perusahaan otomotif BYD , sebagian masyarakat Tanah Air mungkin masih cukup asing. Padahal, dalam statusnya BYD ini telah dikenal luas sebagai salah satu raksasa kendaraan listrik asal China.

Baru-baru ini, BYD dikabarkan bakal segera berinvestasi di Indonesia. Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan beberapa waktu lalu.

Menurut penuturannya, kepastian terkait investasi kendaraan listrik dari BYD akan segera terealisasi. Lebih jauh, saat ini pemerintah Indonesia tengah menyusun Peraturan Presiden (Perpres) terkait pelonggaran pembebasan PPN mobil listrik Completely Build Up (CBU) impor.

Lantas, siapakah sebenarnya perusahaan otomotif BYD ini? Untuk mengenalnya lebih, simak ulasannya berikut.

Sejarah BYD China

1. Hadir Sejak 1995



Saat ini, BYD telah menjadi salah satu produsen mobil terbesar di China. Berbasis di Shenzhen, Provinsi Guangdong, awal mula perusahaan ini telah hadir sejak 1995.

Mengutip laman Nikkei Asia, Sabtu (16/9), keberadaan BYD tak bisa dilepaskan dari sosok Wang Chuanfu. Terkait penamaannya sendiri, BYD adalah kependekan dari ‘Build Your Dream’.

Pada operasinya, BYD mengawali kegiatan bisnisnya sebagai pembuat baterai. Sekitar tahun 2003, barulah mereka mulai memproduksi mobil pasca membeli salah satu perusahaan otomotif China.

2. Tak Hanya Produksi Mobil

Berbekal pengalaman dalam pengembangan baterai serta kemampuan barunya dalam memproduksi mobil, BYD mencoba melakukan transisi dari mobil konvensional ke mobil listrik. Pada akhirnya, mereka menjadi salah satu pembuat kendaraan listrik pertama di dunia yang terintegrasi secara vertikal.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More