Sejarah Type R, Mobil-mobil Honda Terkencang yang Bisa Dipakai di Jalanan

Rabu, 11 Oktober 2023 - 15:24 WIB
Civic Type R dikenal dengan performanya yang luar biasa dan desainnya yang agresif. Foto: HPM
MANDALIKA - Honda Type R adalah varian mobil performa tinggi yang dikembangkan oleh Honda. Varian ini pertama kali diperkenalkan pada 1992 dengan Civic Type R EK9.

Sejak saat itu, Honda telah merilis berbagai tipe mobil Type R, termasuk Civic, Integra, NSX, dan S2000. Presdir PT Honda Prospect Motor (HPM) Kotaro Shimizu mengatakan, mobil-mobil Honda memiliki DNA balap. “Dan ini ditunjukkan lewat red badge di mobil-mobil Type R,” ungkapnya.

“Pemilik mobil Type R seperti All New Honda Civic Type R memiliki plat nomor seri unik di setiap unitnya. Sehingga setiap kali duduk di dalam kokpit, pemilik akan diingatkan sebagai pemilik eksklusif All New Honda Civic Type R,” ujarnya.

Type R merupakan model yang menggabungkan performa mobil balap dan kesenangan berkendara luar biasa. Mereka menyebutnya sebagai ultimate sport, melampaui batas mobil sport.

Sejarah Honda Type R

1. NSX R (1992)



NSX Type R adalah varian mobil performa tinggi dari Honda NSX. Mobil ini diproduksi dari 2002-2005. NSX Type R menggunakan mesin V6 3.2 liter yang menghasilkan tenaga 276 ps dan torsi 367 Nm. Kecepatan maksimalnya 270 km/jam, dan mampu menembuh 0-100 km/jam dalam waktu 5,2 detik. Mobil ini dikenal dengan performanya luar biasa dan handling sempurna.

2. Integra Type R (1995)

Integra Type R adalah varian mobil performa tinggi yang diproduksi dari 1995 hingga 2001. Mobil ini menggunakan mesin 4 silinder 1.8 liter yang menghasilkan tenaga 195 tenaga kuda. Integra Type R dikenal dengan performanya yang luar biasa dan handling-nya yang tajam.

3. Civic Type R EK9 (1997)

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More