4 Motor Listrik yang Menggunakan Baterai Swap, Lebih Praktis dari Cas Langsung

Senin, 30 Oktober 2023 - 10:41 WIB
Ada empat motor listrik dari dua produsen yang dapat menggunakan sistem baterai swap. Foto: SINDOnews/Danang Arradian
JAKARTA - Motor listrik yang menggunakan baterai swap terbilang lebih praktis ketimbang yang harus mengecas secara langsung. Pengguna hanya tinggal menukar saja tanpa perlu menunggu lama mengisi baterai.

Untuk tempat pengisiannya, motor listrik dengan baterai swap berada di Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU). Tempat itu berbeda dengan Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), yang merupakan tempat pengecasan langsung.

Saat ini pemerintah tengah memperbanyak SPBKLU demi perkembangan ekosistem elektrifikasi di Indonesia. Sistem pengisiannya dengan menukar baterai yang kosong dengan yang sudah terisi.

Meskipun terbilang praktis, sistem ini tetap memiliki kekurangan. Pengguna motor listrik harus rela baterai barunya ditukar dengan baterai yang kemungkinan sudah pernah digunakan.

Sampai saat ini baru ada empat motor listrik dari dua produsen yang dapat menggunakan sistem baterai swap karena telah bekerja sama dengan PT PLN (Persero), Grab, dan SWAP Energi. Berikut daftarnya.



Motor Listrik yang Menggunakan Baterai Swap



1. Smoot Tempur



Motor listrik yang rencananya bakal jadi armada Grab Indonesia ini telah bekerja sama dengan PT PLN (Persero), Grab, dan SWAP Energi. Kendaraan yang dibanderol Rp13 juta ketika masa promosi ini mengusung desain sporty layaknya matic masa kini.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More