Penyebab Asap Putih pada Knalpot Mobil dan Cara Mengatasinya

Rabu, 01 November 2023 - 15:38 WIB
Banyak penyebab asap putih keluar dari knalpot mobil, salah satunya kebocoran oli. (Foto: Suzuki)
JAKARTA - Penyebab asap putih pada knalpot mobil perlu diketahui oleh para pemilik kendaraan. Mobil yang mengeluarkan asap putih perlu diwaspadai. Sebab, hal tersebut menandakan ada sesuatu yang tidak beres pada kendaraan.

Terdapat beberapa penyebab asap putih keluar dari knalpot mobil, di antaranya adalah kebocoran oli. Berikut penyebab asap putih pada knalpot mobil dan cara mengatasinya dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (1/11/2023).

1. Air Pendingin Bocor



Untuk menjaga suhu serta mempertahankan kinerja mesin agar tetap optimal, diperlukan air pendingin. Namun, jika ada keretakan di dinding silinder, air pendingin tersebut dapat bocor dan masuk ke dalam silinder. Bila hal itu terjadi, knalpot akan mengeluarkan asap putih saat mesin mobil dihidupkan. Tidak hanya menyebabkan keluarnya asap putih, suhu mesin juga dapat memanas lantaran berkurangnya air pendingin.





2. Oli Bocor ke Ruang Pembakaran



Oli bocor yang masuk ke ruang pembakaran bisa juga menjadi penyebab keluarnya asap putih pada kendaraan. Fungsi oli adalah untuk melumasi hingga mendinginkan komponen mesin. Semakin sering oli bocor, pasti volumenya akan berkurang bahkan bisa habis. Komponen kendaraan yang seharusnya dilumasi oli pun menjadi tidak terlindungi, sehingga akan bergesekan dan dapat mengakibatkan kerusakan.

Terdapat beberapa penyebab oli bocor ke ruang pembakaran, seperti gasket bocor, klep bocor, silinder mesin yang aus, hingga adanya retakan pada dinding silinder.

3. Sisa Air di Knalpot

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More