11 Pulau Menakjubkan, Namun Mobil Dilarang Masuk

Rabu, 10 Januari 2024 - 12:00 WIB
Banyak tempat di dunia melarang kehadiran mobil di wilayahnya, seperti di Mackinac Island, Michigan. (Foto: Architectural Digest)
JAKARTA - Sejumlah pulau di dunia menawarkan keunikannya untuk dieksplorasi. Sebagian besar pulau-pulau unik tersebut tidak punya akses mobil.

Jadi, bersiaplah dengan tiket feri untuk menyeberang ke 11 pulau menakjubkan tanpa kehadiran mobil dengan kebisingan dan polusinya. Berikut dereten pulau di dunia yang sunyi tanpa kehadiran mobil, dilansir dari Architectural Digest, Rabu (10/1/2024).

1. Mackinac Island, Michigan



Terletak di Selat Mackinac yang memisahkan bagian atas dan bawah Semenanjung Michigan, Mackinac Island seperti melangkah ke masa lalu dan bukan hanya karena kereta kuda yang masih relatif umum sebagai sarana transportasi.

Dalam hampir 250 tahun setelah didirikannya Fort Mackinac pada 1780, pulau ini menjadi kapsul waktu hidup arsitektur Amerika, memamerkan gaya mulai dari Kolonial hingga Victoria, kedua revolusi Gothik dan Tudor, tanpa melupakan rumah seni dan kerajinan yang berfungsi sebagai tempat tinggal resmi musim panas untuk Gubernur Michigan. Statusnya sebagai Situs Bersejarah Nasional AS membuat Taman Negara Pulau Mackinac, Batu Arch, dan pertemuan Danau Huron dan Michigan layak dikunjungi sekaligus untuk menikmati keindahan alamnya.





2. Heligoland, Jerman



Masa lalu pulau ini terikat dengan nilai strategis potensialnya bagi Jerman. Angkatan Laut Kerajaan Inggris pernah membombardir kepulauan di Laut Utara ini hingga hancur pada 1947. Saat ini, Heligoland berusaha bangkit dengan menawarkan berbagai macam akses liburan yang menarik bagi turis. Beberapa obyek seperti formasi batu sedimen merah dan batu Buntsandstein yang tidak biasa (termasuk Batu Lange Anna yang terkenal), instalasi militer yang ditinggalkan, dan lanskap pantai di Pulau Dune.

Meskipun hukum lalu lintas Jerman secara eksplisit melarang masyarakat umum menggunakan mobil atau bahkan sepeda di Heligoland, daya tarik dari flora, fauna, dan bangunan kayu sederhana namun berwarna-warni lebih dari cukup untuk mengatasi ketidaknyamanan tersebut.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More