Begini Cara Simpel Mengidentifikasi Penyebab Lampu Sein Mati

Sabtu, 25 Mei 2024 - 12:00 WIB
Lampu sein merupakan salah satu komponen utama mobil untuk menunjang keselamatan berkendara. (Foto: Wuling)
JAKARTA - Bagi para pengendara mobil, lampu sein menjadi komponen utama. Demi keselamatan saat berkendara, sebaiknya bisa mengidentifikasi penyebab lampu sein mati.

Melansir laman resmi Wuling, Sabtu (25/5/2024) berikut cara mengidentifikasi masalah dan penyebab lampu sein mati. Biasanya penyebab umum lampu sein mati karena beberapa hal berikut ini:

1. Bola lampu terbakar



Ketika lampu sein mati, tentu pengecekan pertama di area bola lampu. Umumnya bola lampu terbakar menjadi penyebabnya. Solusinya dengan mengganti bola lampu di bengkel.

2. Saklar lampu sein tak berfungsi





Saklar lampu sein alias tuas lampu sein berfungsi mengaktifkan lampu sein. Jika saklar ini tidak berfungsi, lampu sein berkedip tidak teratur. Saklar lampu sein yang rusak memerlukan perbaikan yang lebih rumit sehingga memerlukan mekanik khusus.



3. Sekring putus



Jika sekring putus, sirkuit yang terhubung dengan lampu sein dapat terputus. Fungsi sekring sebagai perangkat pengaman arus listrik untuk mencegah kelebihan beban listrik.

Sekring putus karena berbagai alasan, termasuk bola lampu rusak, masalah kabel, atau bahkan lonjakan listrik. Lihat petunjuk manual mobil untuk mengidentifikasinya. Temukan sekring yang putus, ganti dengan sekring dengan arus listrik yang sama, lalu uji lampu sein. Jika sekring baru putus dengan cepat, mungkin ada masalah kelistrikan lebih serius yang memerlukan bantuan mekanik.

4. Relay Flasher Rusak



Relay flasher berfungsi sebagai perangkat kontrol yang mengatur ritme kedipan lampu sein. Jika relay flasher rusak, lampu sein mungkin berkedip terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak berkedip sama sekali.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More