Kapan Waktu yang Tepat Ganti Ring Baut Oli?

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 08:16 WIB
Rekomendasi waktu yang tepat untuk ganti ring baut oli penting dipahami. Foto: ist
JAKARTA - Ring baut oli, atau yang sering disebut juga gasket baut oli, adalah komponen kecil namun penting dalam sistem pelumasan mesin kendaraan bermotor. Fungsinya adalah mencegah kebocoran oli dari lubang pembuangan oli pada mesin.

Waktu yang tepat untuk mengganti ring baut oli adalah setiap kali Anda mengganti oli mesin.

Dilansir dari situs resmi Astra Motor dan Wahana Honda, ring baut oli idealnya diganti setiap kali mengganti oli mesin. Begitupun website resmi Suzuki yang mencantumkan penggantian ring baut oli dalam daftar pekerjaan yang harus dilakukan setiap kali servis berkala, yang biasanya dilakukan bersamaan dengan penggantian oli mesin.



Berikut beberapa alasan mengapa penggantian ring baut oli penting dilakukan bersamaan dengan penggantian oli:

1. Mencegah Kebocoran Oli: Seiring waktu, ring baut oli dapat mengalami keausan, retak, atau kehilangan elastisitasnya. Hal ini dapat menyebabkan kebocoran oli yang dapat merusak mesin dan komponen lainnya.

2. Menjaga Performa Mesin: Kebocoran oli dapat mengurangi tekanan oli dalam mesin, yang dapat mempengaruhi kinerja dan umur mesin.



3. Menghemat Biaya: Mengganti ring baut oli secara teratur dapat membantu mencegah kerusakan mesin yang lebih serius dan mahal.

Mengganti ring baut oli setiap kali Anda mengganti oli mesin adalah praktik yang sangat dianjurkan untuk menjaga performa mesin dan mencegah kebocoran oli.

Meskipun komponen ini kecil, perannya sangat penting dalam menjaga kesehatan mesinkendaraanAnda.
(dan)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More