App Store Kategori Gaming Setor Duit Rp322 Triliun ke Apple

Kamis, 27 Agustus 2020 - 09:54 WIB
Game menjadi ladang meraup duit bagi toko aplikasi seperti Apple App Store dan Google Play Store. Foto/Ist
JAKARTA - Game menjadi ladang bagi pengembang dan toko aplikasi untuk meraup duit sebanyak-banyak. Lihat saja berapa nilai kontribusi Kategori Gaming pada App Store untuk Apple. (Baca juga: Balas Trump, Apple App Store Bakal Dilarang Beroperasi di China )

Menurut informasi terbaru dari lembaga riset SensorTower dan Statis, Apple mencapai rekor pendapatan Rp322 triliun dari aplikasi game di App Store selama enam bulan pertama tahun 2020. Itu mewakili pertumbuhan hampir 23% dari tahun ke tahun, yang mengelola Rp264 triliun dari game untuk paruh pertama tahun 2019.

Situs GoldenCasinoNews menyebutkan, selama periode April-Juni saja, Apple meraup Rp161 triliun dan Google Play Store mendapatkan Rp117 triliun selama periode yang sama. Berdasarkan hal tersebut, tidak mungkin untuk tidak menyatakan gaming merupakan segmen yang berkembang di smartphone.



Pendapatan Besar Datang dari Game Seluler



Secara keseluruhan, perusahaan yang berbasis di Cupertino ini memperoleh pendapatan 52% lebih banyak dari game seluler pada paruh pertama tahun 2020 dibandingkan dengan Google. Raksasa mesin pencari itu "hanya" mengumpulkan Rp219 triliun.

Salah satu area di mana Google berhasil melampaui Apple adalah total kategori unduhan game seluler. Jumlah unduhannya mencapai 22,8 miliar peng-instal-an pada H1 2020 dibandingkan 5,7 miliar dari App Store.

Menurut Sensor Tower, selama kuartal pertama tahun 2020, Google Play mencapai 10,4 miliar unduhan game seluler. Itu adalah lompatan besar sebanyak 39% tahun-ke-tahun.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More