Stellantis Siap Tiru China untuk Hindari Perang Harga Mobil Listrik

Minggu, 29 September 2024 - 12:35 WIB
Stellantis Group. FOTO/ DAILY
LONDON - Stellantis ingin mengadopsi pemikiran berbiaya rendah dari produsen kendaraan listrik China meskipun CEO Carlos Tavares mengkritiknya sebagai anti-kompetitif.



Seperti dilansir dari Autopro, keempat negara dunia harus mengatasi hambatan perdagangan di kedua sisi Atlantik jika ingin berhasil.



Tavares menyebut tarif tersebut sebagai sebuah "jebakan", dengan alasan bahwa tarif tersebut akan merugikan produsen mobil lama dengan melindungi mereka dari kenyataan bahwa saingannya, China, memproduksi sekitar sepertiga kendaraan listriknya.

Cara terbaik untuk berkompetisi adalah dengan “mencoba menjadi orang China,” kata Tavares pada konferensi Reuters Events di Munich pada bulan Mei.

Keyakinan tersebut mendorong Stellantis untuk membeli 21 persen saham pembuat kendaraan listrik asal China, Leapmotor, pada bulan Oktober lalu, sehingga menciptakan usaha patungan yang memberikan Stellantis akses terhadap teknologi Leapmotor dan hak eksklusif untuk memproduksi kendaraan listriknya di luar China.

Tantangan yang dihadapi Stellantis di UE dan AS. Hal ini tidak berbeda dengan tantangan yang dihadapi semua produsen mobil saat mereka mencoba bersaing dengan China secara global.

Namun, Stellantis dan beberapa perusahaan lainnya telah mengambil langkah lebih jauh, menciptakan kemitraan dengan produsen mobil China agar tetap kompetitif.

Stellantis membuat Leapmotor EV di pabrik Tychy di Polandia bersama model dari merek terkenal Fiat, Jeep, dan Alfa Romeo.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More