Cybercab, Robovan, dan Robot Bartender: 5 Poin Penting dari Peluncuran Robotaxi Tesla

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 10:59 WIB
Elon Musk memamerkan berbagai inovasi Cybercab, Robovan, hingga Robot Bartender Optimus. Foto: ist
LOS ANGELES - CEO Tesla Elon Musk memamerkan inovasi terbaru lewat taksi dan bis otonom, serta robot humanoid dalam acara We, Robot. Nah, berikut adalah 5 hal yang perlu diketahui dari acara tersebut.

Saham Tesla turun lebih dari 7% pada Jumat pagi. Diduga, investor tidak terkesan. Sebab, Musk dinilai hanya mengumbar janji dan minim detail konkret. Meski, saham perusahaan ride-hailing seperti Uber dan Lyft yang justru melonjak. Berikut inovasi Elon Musk:

1. Cybercab



Daya tarik utama di acara We, Robot adalah Cybercab. Ini robotaxi yang telah lama ditunggu-tunggu. Musk mengatakan, Tesla memiliki 20 prototipe Cybercab yang siap diuji malam itu. Cybercab hadir dengan pintu "sayap kupu-kupu", tanpa roda kemudi atau pedal.

“Dengan otonomi, Anda bisa lebih bebas. Bahkan bisa menyelamatkan banyak nyawa,” ujar Musk. “Saya pikir kita akan melihat mobil otonom menjadi 10 kali lebih aman daripada manusia," tambahnya.

2. Tidak Ada Tesla Model 2

Tesla berharap Cybercab akan dijual kepada konsumen dengan harga kurang dari USD30.000 (sekitar Rp 470 juta). Perusahaan juga telah membatalkan atau menunda rencana untuk Model 2, mobil listrik yang direncanakan seharga USD25.000 (sekitar Rp 390 juta), untuk fokus pada robotaxi.

Cybercab akan memasuki produksi "mungkin" pada 2026 atau "sebelum 2027". Jaringan robotaxi nanti menjadi “kombinasi Airbnb dan Uber,". Pemilik dapat memilih mobil mereka ke dalam layanan sesuai pilihan mereka dan menghasilkan uang saat tidur.

"Jika mereka benar-benar dapat mengelola armada 10, 20, mobil, dan hanya merawat mereka seperti seorang gembala mengurus kawanan domba mereka," kata Musk.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More