Ingin Ban Kendaraan Niaga Lebih Awet? Gunakan 3 Tips Ini

Senin, 05 April 2021 - 15:37 WIB
Untuk menekan biaya operasional dan meningkatkan keamanan berkendara, pengusaha perlu memberi perhatian lebih dalam memilih ban dan perawatan. Foto: dok Hankook
JAKARTA - Ban adalah alah satu komponen dengan biaya operasional terbesar setelah bahan bakar. Terlebih bagi kendaraan niaga seperti truk dan bus yang memiliki mobilitas tinggi dengan muatan berlebih. Bagaimana cara berhematnya?

National Sales Manager TBR (Truck & Bus Radial) PT Hankook Tire Sales Indonesia Ahmad Juweni mengatakan, untuk menekan biaya operasional dan meningkatkan keamanan serta kenyamanan berkendara, pengusaha perlu memberi perhatian lebih dalam memilih ban dan perawatan.



”Pemilihan ban sesuai kebutuhan operasional, serta perawatan akan memaksimalkan kinerja ban. Ujungnya akan menekan biaya operasional,” ujar Ahmad. Nah berikut tips agar ban kendaraan niaga seperti truk dan bus tetap awet:

1. Tekanan Angin





Ban yang kekurangan tekanan angin atau under inflation dapat menyebabkan aus yang tidak merata, kerusakan separation (kembung), boros bahan bakar, hingga ban pecah.

Sebaliknya, ban yang kelebihan tekanan angin dapat mengurangi traksi, aus yang tidak wajar pada bagian tengah telapak ban, serta rawan terhadap pecah karena benturan.

Setiap ban, menurut Ahmad, memiliki standar maksimal tekanan angin yang perlu diisi. Begitupun standar maksimal beban yang mampu ditopang. ”Sebaiknya pengendara menggunakan ban sesuai standar-standar tersebut,” bebernya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More