Honda CBR1000RR Fireblade SP Baru Dapat Sentuhan Pembalap MotoGP

Rabu, 24 November 2021 - 08:00 WIB
Honda CBR1000RR Edisi Spesial 30 Tahun akan hadir dalam jumlah unit yang terbatas. Foto/Honda Motor Co.
MILAN - Honda akan tampil penuh tenaga di ajang pameran sepeda motor prestisius Eropa, EICMA 2021 yang digelar di Milan, Italia pada 25-28 November nanti. Di ajang itu mereka akan menghadirkan tiga model Honda CBR1000RR Fireblade yang salah satunya merupakan motor edisi terbatas dan spesial, Honda CBR1000RR Fireblade SP Edisi Spesial 30 tahun.

Diketahui Honda CBR Fireblade pertama kali dihadirkan pada 1992 melalui nodel Honda CBR900RR. Saat itu Honda melakukan modifikasi pada mesin 4 silinder 750 cc dan mengubahnya menjadi mesin dengan kapasitas silinder 893 cc.

Awal mula itulah yang kemudian dirayakan Honda dengan menghadirkan Honda CBR1000Rr Fireblade SP Edisi Spesial 30 tahun. Untuk membuatnya spesial pabrikan motor Jepang itu mendandani motor dengan warna khusus.







Livery special ini dibuat mirip dengan CBR Fireblade pertama yang diciptakan tahun 1992 lalu oleh Hiroaki Tsuku. Kombinasi 3 warna khas Honda yaitu biru dan merah diatas body yang didominasi warna putih dibuat begitu ikonik dengan stripe seperti goresan kuas, terlihat begitu klasik dan memancarkan aura balap yang kuat.

Karena ini merupakan edisi spesial dan juga edisi terbatas juga, Honda memberikan beberapa fitur ekslusif sebagai pembeda dengan CBR lainnya, yaitu nomor seri unik yang diukir dengan laser di beberapa bagian termasuk logo stempel yang menjadi identitas sang Fireblade edisi special, tak hanya itu khusus untuk motor ini Honda memberikan fitur smart key system atau kunci kontak yang menggunakan remote.





Dari segi spesifikasi teknis, tidak ada perubahan radikal dari mesin 4 silinder dengan kapasitas 999,9 cc itu. Mesin itu masih menggelontorkan tenaga sebesar 214,5 daya kuda. Hanya saja Honda dalam keterangan resminya mengatakan ada beberapa perubahan yang dilakukan di motor spesial itu dan dua motor Honda CBR1000RR Fireblade lainnya yang dibawa ke EICMA 2021.

Kinerja mesin kini lebih difokuskan pada akselerasi dan kestabilan saat melibas tikungan. Honda Selectable Torque Control (HSTC) juga telah dioptimalkan untuk manajemen traksi ban belakang yang lebih baik lagi. Menariknya menurut Honda revisi itu diberikan berdasarkan saran dari pebalap motor Honda MotoGP. Hanya saja Honda tidak menyebutkan siapa nama pembalap Honda MotoGP yang memberikan sentuhan baru di Honda CBR1000RR Fireblade SP baru dan edisi spesial.
(wsb)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More