Begini Ciri-Ciri Karet Wiper Kaca Mobil Harus Diganti

Sabtu, 29 Januari 2022 - 21:05 WIB
Fungsi wiper mobil harus senantiasa di rawat dan diganti secara berkala. Jika tidak, maka akan timbul beberapa gangguan seperti suara berisik. Foto: Wuling
JAKARTA - Memasuki musim hujan di awal tahun, wiper jadi bagian penting pada sebuah mobil. Perannya penting untuk menyapu kotoran yang menempel pada kaca depan.

Maka, fungsi wiper mobil harus senantiasa di rawat dan diganti secara berkala. Jika tidak, maka akan timbul beberapa gangguan seperti suara berisik hingga kaca depan yang lecet.

Itu disebabkan karena karet wiper yang sudah getas lalu dibiarkan begitu saja. Sehingga bisa timbul lecet pada kaca dan menganggu visibilitas pengemudi.



Lalu kapan waktu tepat untuk mengganti wiper mobil?



Cek Secara Berkala

Wiper kaca depan terbuat dari karet yang dapat terurai dan getas. Kinerja wiper akan berkurang dari waktu ke waktu. Maka, disarankan untuk mengganti karet wiper setidaknya setahun sekali atau setiap 6-12 bulan.

Biasakan meluangkan waktu untuk memeriksa kodisi wiper secara teratur dan mengetahui tanda-tanda apa yang harus diwaspadai saat mulai aus. Sinar UV, cuaca pancaroba di Indonesia, hingga perawatan kurang tepat bisa menyebabkan wiper rusak, retak dan bahkan robek lebih cepat dari perkiraan. Berikut ciri-ciri wiper harus diganti:

1. Streaking/Goresan
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More