Tips Memilih dan Merawat Ban Sepeda Motor

Jum'at, 08 April 2022 - 18:05 WIB
Memilih ban motor sangat penting dan berdampak besar terhadap keseharian. Foto: dok Yamaha Indonesia
JAKARTA - Ban adalah komponen penting sepeda motor yang perannya untuk meningkatkan traksi roda pada jalanan, juga meredam getaran ketika berkendara.

Ban juga bersentuhan langsung dengan jalan sehingga memiliki peran penting. ”Keberadaan dan fungsi ban sangat penting dalam melancarkan aktivitas berkendara. Untuk itu, perlu dipahami juga mengenai peran ban serta cara memilih ban sepeda motor,” ungkap Muslian, Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu).

Menurut Muslian, fungsi dari ban sepeda motor beragam. Pertama, untuk menahan beban motor, pengendara dan yang dibonceng. Kedua, untuk memindahkan putaran menjadi gerakan maju dan mempunyai kemampuan menghentikan kendaraan.

Ketiga, kemampuan meredam getaran ketika kendaraan menerima momen saat berjalan. Dan yang terakhir adalah kemampuan menjaga dan merubah arah kendaraan.





Berikut cara memilih ban sepeda motor:

1.Ban tubeless dan ban dalam (tube)

Ban tubeless tidak menggunakan ban dalam dan tidak mudah bocor saat terkena benda tajam. Sedangkan ban tube menggunakan ban dalam dan bisa digunakan pada velg Cast Wheel (CW) dan Spoke Wheel (SW).

2.Ban radial dan ban bias
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More