Cek 6 Hal Ini Sebelum Berangkat Mudik dengan Kendaraan Pribadi

Jum'at, 29 April 2022 - 05:28 WIB
Kepadatan lalu lintas selama periode mudik lebaran, Kamis (28/4), di tol Cikopo-Palimanan. Foto: Sindonews
JAKARTA - Peningkatan jumlah pemudik sudah meroket sejak Kamis (28/4) kemarin. Nah, jika hari ini atau besok Anda baru berencana kembali ke kampung halaman, ada beberapa hal yang harus dicek.

”Sebab, memastikan kondisi kendaraan yang digunakan untuk pulang ke kampung halaman dalam kondisi prima sangat penting. Sebab, waktu tempuh cenderung lama dan kondisi lalu lintas tidak dapat diprediksi,” beber VP Automotive Category Blibli, Eddy Lukita.

Eddy menyebut, menjelang Lebaran 2022 tidak sedikit pelanggan yang sudah memperhatikan kondisi kendaraannya. Ini terlihat dari angka transaksi suku cadang mobil dan perawatan kendaraan melalui Blibli rata-rata naik hingga 2x lipat dibanding periode yang sama tahun lalu.

”Data internal Blibli mencatat, angka transaksi untuk jasa perawatan mesin mobil naik hingga 267%, filter udara naik 47%, bahkan paket perawatan interior naik hingga 120%,” ungkap Eddy. Nah, berikut beberapa persiapan mudik pengguna kendaraan pribadi agar lebih nyaman:

1. Cek Kunci dan Perlengkapan Kendaraan





Kunci dan perlengkapan kendaraan standar seperti obeng, tang, dongkrak dan alat pompa portabel perlu disiapkan. Ini penting jika sewaktu-waktu kendaraan mengalami gangguan ringan di tengah jalan. Beberapa rekomendasinya adalah merek Tekiro dan Kenmaster.

2. Cairan Penting

Ibarat tubuh, kendaraan juga butuh cairan untuk menjaga performa tetap stabil selama perjalanan jarak jauh. Sebelum berangkat, pastikan mengecek air radiator, air aki, minyak rem, oli, hingga air pembersih kaca. Pastikan kendaraa memiliki cairan cukup sebelum bekerja ekstra.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More