Begini Cara Pindah Gigi Mobil Matic yang Benar

Kamis, 19 Mei 2022 - 18:04 WIB
Cara pindah gigi mobil matic yang benar saat jalan merupakan bekal pengendara agar kendaraan tidak mengalami masalah pada bagian gearbox. Foto/Ist/Digtara
JAKARTA - Cara pindah gigi mobil matic yang benar saat jalan merupakan bekal pengendara agar kendaraan tidak mengalami masalah pada bagian gearbox. Salah satu penyebab gearbox jebol adalah salah kaprah dalam memindahkan transmisi mobil matic.

Jika gearbox jebol, pemilik kendaraan harus merogoh kocek lebih banyak ketimbang service gearbox transmisi manual. Untuk itu, pengendara mobil matic harus memahami cara pindah gigi. Berikut cara pindah gigi mobil matic yang benar saat jalan seperti dilansir auto2000.:

1. Ubah posisi gigi D saat jalan menanjak dan turunan

Ketika mobil matic menanjak, ubah posisi gigi D ke D-3, D-2, atau L tanpa menginjak rem untuk memberikan akselerasi lebih tinggi. Begitu juga ketika jalan menurun. Posisikan gigi ke D-3 atau D-2 agar mendapatkan engine brake yang baik.

Cara ini membuat mobil tidak meluncur secara berlebihan serta penggunaan rem tak akan membuat kampas menjadi terlalu panas. Setelah melalui jalanan menurun, ganti kembali ke posisi D.





2. Pindah ke Gigi N Ketika di Lampu Merah

Cara selanjutnya adalah ketika jalan dan berhenti di lampu merah. Pengendara disarankan selalu memindahkan ke gigi N saat berada di lampu merah.

Kebiasaan buruk yang dilakukan ketika berhenti di lampu merah adalah posisi gigi tetap di D sambil menginjak pedal rem agar tidak bergerak. Cara ini malah memperpendek usia gearbox mobil. Termasuk mengikis kampas rem.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More