Pahami, Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengemudi Mobil Matic

Kamis, 09 Juni 2022 - 12:39 WIB
Biasanya pemilik kendaraan jarang menyadari kesalahan yang sering dilakukan pengemudi mobil matic. Foto DOK SINDOnews
JAKARTA - Biasanya pemilik kendaraan jarang menyadari kesalahan yang sering dilakukan pengemudi mobil matic . Padahal, kesalahan tersebut memiliki efek yang negatif bagi mobil atau keselamatan berkendara.

Mobil matic memang memberikan kepraktisan dan kemudahan dalam pengoperasiannya, selain itu kaki juga tidak mudah pegal ketika melalui kemacetan karena hanya menggunakan dua pedal.

Baca juga : Tips Parkir Paralel Mobil Matic Bagi Para Pemula

Namun, kemudahan yang dibuat justru menjadikan pengemudi terlena dan banyak mengalami kesalahan. Berikut kesalahan yang sering dilakukan pengemudi mobil matic seperti dilansir dari berbagai sumber :

1. Mengerem Menggunakan Kaki Kiri



Kesalahan yang sering dilakukan ketika mengendarai mobil matic yang pertama adalah salah menginjak rem. Menginjak rem dengan kaki kiri yang biasanya digunakan pada mobil manual ini akan menjadi kebiasaan buruk. Kaki kiri akan terus berjaga di pedal rem. Sementara di saat yang bersamaan kaki kanan akan terus stand by di pedal gas.

Kebiasaan ini tidak hanya buruk untuk mobil saja, untuk motor matic juga sama. Terkadang orang akan menekan tuas rem di tangan kiri sambil menarik pedal gas.

Hal ini bisa menyebabkan kampas rem cepat habis dan mengalami overheat. Bahan bakar akan menjadi boros dan tingkat keausan komponen penggeraknya juga akan cepat habis.

Baca juga : Begini Cara Mengendarai Mobil Matic di Tanjakan Macet
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More