Tips Parkir Paralel Mobil Matic Bagi Para Pemula

Kamis, 10 Juni 2021 - 17:05 WIB
loading...
Tips Parkir Paralel Mobil Matic Bagi Para Pemula
Jika tak bisa didorong, maka yang ada hanyalah menyulitkan pengendara lainnya. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Ada kalanya kejadian mobil matic yang tidak bisa didorong ketika sedang parkir paralel karena menyalakan handbrake. Padahal ada mobil lain yang ingin keluar.

Jika tak bisa didorong, maka yang ada hanyalah menyulitkan pengendara lainnya. Dari pada masalah ini terus berulang, simak penjelasan tips parkir paralel untuk mobil matic bagi para pemula di bawah ini.



Cara Parkir Paralel Mobil Matic

Ketika berada di lahan parkir yang tidak terlalu luas, maka pola paralel pasti diterapkan. Lewat pola ini, maka bagian depan mobil akan bertemu bagian belakang dari kendaraan di depannya. Untuk membuat sistem keluar-masuk mobil dengan mudah, setiap mobil tidak diperbolehkan menggunakan handbrake. Penerapan ini akan membuat proses keluar-masuk mobil tetap mudah karena setiap kendaraan di sana dapat didorong

Sebenarnya mobil dengan transmisi matic memiliki peluang roda-roda terkunci saat parkir menjadi lebih besar jika dibandingkan dengan model manual. Alasan utamanya bukan karena mengaktifkan handbrake, tetapi mereka belum mengetahui fungsi tombol shift lock. Saat ini hampir semua mobil transmisi matic telah memiliki tombol shift lock.

Dengan keberadaan tombol ini, maka pengendara tak perlu mengaktifkan handbrake ketika sedang parkir paralel. Melansir laman Auto2000, Kamis (10/6) berikut cara penggunaan tombol shift lock

1. Geser transmisi ke posisi “P”
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menggeser transmisi ke posisi “P”. Tentu saja ini memberikan penanda pada mobil bahwa Anda sedang ingin parkir. Ketika tuas ada di posisi ini, secara otomatis seluruh roda mobil terkunci.

2. Matikan mesin
Setelah memindahkan transmisi ke posisi “P”, pengendara dapat mematikan mesin untuk memulai langkah selanjutnya.

3. Cabut kunci kontak
Setelahnya, Anda bisa mencabut kunci kontak dari tempatnya. Lalu, Anda perlu memanfaatkan fungsi tombol shift lock yang telah tersedia di hampir seluruh mobil dengan transmisi matic.

4. Gunakan tombol shift lock
Untuk menggunakan tombol shift lock, Anda harus menekannya. Tekan dan tahan tombol tersebut sambil memindahkan tuas transmisi ke posisi “N” atau netral. Jika sudah di posisi netral, baru dapat melepas tombol shift lock

Penggunaan shift lock membuat mobil dapat didorong ketika sedang parkir paralel. Mungkin ada juga yang berpikir bahwa seharusnya tidak perlu memasukkan transmisi ke posisi “P” ketika sedang memulai proses memarkir. Maksud dari memindahkan transmisi ke “P” adalah untuk melepaskan kunci mobil. Jika tidak dipindahkan ke “P”, kunci mobil tak dapat dilepas.


5. Tidak perlu tarik handbrake
Dengan penggunaan tombol shift lock, Anda sudah tak perlu lagi menarik handbrake. Posisi mobil akan tetap aman, kecuali jika memang didorong. Jadi proses parkir paralel mobil matic menjadi lebih mudah berkat tombol tersebut.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1967 seconds (0.1#10.140)