Jangan Anggap Remeh, Kenali Ciri Tensioner Mobil Rusak

Kamis, 09 Juni 2022 - 20:38 WIB
Bagi para pengendara tentunya harus memahami ciri tensioner mobil rusak. Foto DOK SINDOnews
JAKARTA - Bagi para pengendara tentunya harus memahami ciri tensioner mobil rusak. Jangan disepelekan, sebab bila didiamkan akan menambah kerusakan pada bagian mesin mobil .

Tensioner mobil merupakan komponen mobil berbentuk bearing yang bisa mengatur ketegangan di bagian rantai mesin atau timing chain. Pada dasarnya tensioner biasa dinilai sebagai komponen yang tidak harus dirawat. Dengan kondisinya ini maka jarang orang yang memperhatikan kondisinya saat melakukan service mobil.

Baca juga : 5 Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar

Namun, ada beberapa ciri tensioner mobil rusak yang bisa dikenali sebelum merambat kerusakan lebih jauh pada bagian mesin lainnya. Berikut ulasanya dilansir dari auto2000 :

1. Terdengar Bunyi Berisik Mengganggu Pada Mesin



Meskipun tensioner terbilang jarang rusak, namun bisa saja mengalami masalah. Ketika bagian mesin tiba-tiba berisik, maka sebaiknya segera cek kondisi tensioner.

Bisa saja penyetelannya terlalu kencang. Kalau sudah begini, suara kasar dan berisik yang cukup mengganggu pasti muncul. Tensioner tersebut bisa juga sudah lemah sehingga tegangan rantai menjadi tidak sempurna.

Misalnya saja dikala mesin pada kendaraan roda empat tiba tiba memunculkan suara bising yang sangat mengganggu saat starter.

Bila tidak segera mengecek kondisi tensioner yang berisik dengan segera, maka masalah lain bisa saja muncul. Tidak menutup kemungkinan komponen sistem kemudi mobil maupun mesin mobil lain menjadi rusak pada kemudian hari. Karena itu, cara ini bisa dilakukan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More