Cara Memperbaiki Door Lock Pintu Mobil

Senin, 20 Juni 2022 - 13:00 WIB
Penyebab door lock pintu mobil rusak bisa jadi karena kawat penghubung yang ada di dalamnya putus. Foto: ist
JAKARTA - Door lock menjadi fitur penting untuk keselamatan berkendara. Namun, ada kalanya door lock mengalami masalah. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan door lock mobil rusak.

Umumnya, kerusakan yang terjadi pada door lock mobil adalah akibat putusnya kawat penghubung yang ada di dalamnya. Kawat ini berfungsi untuk menghubungkan bagian motor serta tuas pembuka atau penutup kunci.

Kawat penghubung door lock yang rusak akan membuat pergerakan listrik motor tidak tersalurkan dengan baik. Kalau sudah begini, sudah sepatutnya segera dilakukan perbaikan, mengingat door lock sendiri berkaitan langsung dengan keselamatan. Lantas bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya melansir blog Auto2000:

1. Memeriksa Kawat Penghubung

Seperti yang telah disebutkan di atas, penyebab door lock pintu mobil rusak bisa jadi karena kawat penghubung yang ada di dalamnya putus. Maka dari itu, periksa bagian kawat dengan cermat.



Jika ada bagian kawat yang putus, solusinya adalah harus menggantinya dengan kawat yang baru. Namun, jika kawat hanya terpotong di bagian ujungnya, bisa regangkan sedikit agar bisa dipasang pada baut.

2. Pemeriksaan Sekring

Cara memperbaiki door lock pintu mobil yang rusak selanjutnya adalah dengan memeriksa sekringnya. Untuk melakukan hal tersebut, dibutuhkan multimeter atau alat pengukur tegangan listrik.

Agar door lock pintu mobil dapat bekerja dengan baik, tegangan listrik harus dapat mengalir dengan baik pula. Untuk menangani hal ini, sebaiknya bawa mobil ke tenaga profesional.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More