Perhatikan 5 Penyebab Koil Motor Lemah, Jangan Sampai Mogok

Senin, 29 Agustus 2022 - 14:28 WIB
Penyebab koil motor lemah perlu dipahami guna mencegah motor mogok di tengah jalan. Foto/IST
JAKARTA - Penyebab koil motor lemah perlu diperhatikan agar tidak sampai merugikan Anda kemudian hari. Pasalnya motor bisa mogok tiba-tiba.

Kondisi itu bisa terjadi karena koil merupakan komponen penting buat motor. Fungsi koil merupakan salah satu onderdil penting pada mesin kendaraan yang berbentuk gulungan kawat tembaga yang dialiri oleh arus listrik yang disebut kumparan.

Koil bekerja sehingga bisa membuat mesin motor menyala. Koil sendiri merupakan part yang mendukung pengapian. Koil membuat busi memantik atau memercikan api supaya proses pembakaran di dalam mesin terjadi

Namun pernahkah kamu mengalami motor yang sulit dihidupkan dengan cara distarter? Hal ini merupakan permasalahan yang sering dikeluhkan pengguna sepeda motor. Permasalahan seperti ini umumnya terjadi akibat koil motor yang melemah.





Lalu, apa saja penyebab koil motor lemah? Yuk, cermati jawabannya di bawah ini:

1. Umur Pakai Koil Terlalu Lama

Umumnya pemakaian koil motor bisa mencapai lebih dari 100.000 kilometer. Namun tak banyak orang tahu bahwa koil motor sebaiknya diganti secara berkala sebelum mencapai minimum kilometer jarak tempuh yang direkomendasikan. Banyaknya pengguna motor mengganti koil motor ketika mengalami kendala pada motor mereka.

Sebenarnya mesin kemungkinan masih bisa hidup dan motor masih bisa digunakan. Namun jika penggunaan terlalu lama, percikan yang dikeluarkan busi koil melemah yang akan mengakibatkan motor sulit dinyalakan dengan starter.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More