Ini 5 Tanda Motor Boros Bensin

Selasa, 06 September 2022 - 12:43 WIB
Penggunaan bahan bakar sudah pasti menjadi perhatian utama dalam pemakaian sepeda motor. Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Penggunaan bahan bakar sudah pasti menjadi perhatian utama dalam pemakaian sepeda motor. Ada dua jenis bahan bakar yang biasa digunakan sepeda motor , yaitu pertalite hingga pertamax.

Penggunaan bahan bakar disesuaikan dengan jenis motornya agar pemakaian tidak boros dan tidak menimbulkan kerusakan pada komponen lain. Berikut 5 tanda sepeda motor boros bahan bakar.

1. Busi Hitam Pekat

Busi motor berfungsi untuk membantu proses pembakaran, dengan memberikan percikan api untuk membakar campuran udara dengan bahan bakar di ruang bakar mesin. Pada motor yang boros ditandai dengan warna busi yang hitam pekat.





Ini disebabkan pembakaran dalam mesin motor tidak sempurna. Bahan bakar yang masuk melebihi takaran standar dan bercampur dengan udara. Akibatnya aliran bensin dari karburator mengalir deras, karena klepnya yang renggang.

2. Asap Putih Tebal dari Knalpot

Aliran bensin hasil pembakaran yang mengalir dari karburator dan mengalir deras karena klep yang renggang juga pemicu asap knalpot berwarna putih tebal. Hal ini juga mengakibatkan pemborosan bahan bakar karena penggunaan yang melebihi takaran.

3. Sering Mengisi Bahan Bakar
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More