Banyak Pelajar Kecelakaan, Yayasan AHM Coba Formula Baru Belajar Safety Riding

Rabu, 19 Oktober 2022 - 19:00 WIB
Yayasan AHM meluncurkan wisata edukasi safety riding di SMK Mitra Industri MM2100. Foto/DOK. Yayasan AHM
JAKARTA - Kecelakaan lalu lintas terutama yang melibatkan sepeda motor selalu jadi momok mengerikan. Pasalnya kecelakaan itu selalu melibatkan masyarakat usia produktif termasuk anak-anak remaja. Data yang dikeluarkan Polda Metro Jaya menyebutkan dari 2017 hingga 2022 terjadi sebanyak 6.299 kecelakaan.

Mirisnya lebih dari seperempat kecelakaan yang melibatkan sepeda motor di antaranya ialah usia muda yang masih produktif. "Meninggal dunia 455, luka berat 1.146, kerugian kendaraan ini 7.812 yang ditaksir nilainya sekitar Rp 7,5 miliar. Nah ini kan angka yang cukup besar, perlu kita lakukan evaluasi, dan kalau kita lihat anak remaja yang terlibat dari data 30 persen adalah remaja umur 25 tahun ke bawah, berarti ada sekitar 2.000-an kasus," papar Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran beberapa waktu lalu.

Dari data tersebut memang perlu adanya upaya besar guna menekan tingkat kecelakaan. Salah satunya dengan meningkatkan kesadaran keselamatan berkendara atau safety riding. Hanya saja saat ini motivasi anak-anak muda untuk belajar keselamatan berkendara terkesan minim.

Hal itulah yang coba diterobos oleh Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) melalui Wisata Edukasi Satu Hati di Safety Riding Lab Astra Honda. Program yang dikemas unik ini menghadirkan kesenangan dalam belajar keselamatan berkendara sekaligus menambah pengetahuan dan kemampuan berkendara sepeda motor.

Pada peluncuran perdananya di SMK Mitra Industri MM2100, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat (19/10/2022), Yayasan AHM mengajak sejumlah perwakilan media menjadi bagian dari pengenalan Wisata Edukasi Satu Hati dengan pendekatan pembelajaran Kelompok Belajar Paket Satu Hati. Edukasi ini dikemas secara unik dan menarik melalui serangkaian program layaknya pelajar sekolah yang dievaluasi melalui rapor hasil uji pemahaman keselamatan berkendara.







Seluruh materi pembelajaran langsung diberikan oleh Duta Safety Riding sekolah yang telah dilatih oleh AHM. Para peserta akan mendapatkan tantangan uji pengetahuan etika berlalu lintas, menaklukkan berbagai kondisi jalan dengan aman melalui simulator berkendara Honda Riding Trainer (HRT), hingga unjuk kemampuan berkendara melalui berbagai rintangan.

Pada akhir sesi, peserta akan mendapat hasil evaluasi pemahaman keselamatan berkendara sebagai panduan mereka dalam meningkatkan kompetensi lebih lanjut.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More