Tips Aman dan Nyaman Bermotor saat Liburan Natal dan Tahun baru

Selasa, 27 Desember 2022 - 21:09 WIB
Ada sejumlah tips yang harus diketahui saat berkendara menggunakan motor di libur Natal dan Tahun Baru yang padat dan macet. Foto: dok Yamaha
JAKARTA - Sepeda motor jadi salah satu kendaraan yang akan digunakan oleh masyarakat pada momen libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru)

Ini sesuai prediksi Kementrian Perhubungan (Kemenhub), dimana 16,42 persen masyarakat akan menggunakan kendaraan roda dua.

Faktanya, sepeda motor bisa jadi alternatif transportasi yang praktis untuk digunakan menemani mobilitas selama liburan.

Namun, harus diingat bahwa arus lalu lintas selama liburan akan cenderung lebih padat. Maka pengendara diimbau lebih hati-hati.

Instruktur Yamaha Riding Academy PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Muhammad Arief memberi tips berkendara aman dan nyaman bagi yang ingin menjalani libur Nataru menggunakan sepeda motor. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:



1. Pastikan kondisi pengendara dalam keadaan sehat

Berkendara sepeda motor butuh daya tahan tubuh kuat. Sebab, akan bersentuhan langsung dengan udara panas atau dingin. Beristirahat cukup dengan tidur lebih awal, juga hindari begadang sebelum melakukan perjalanan panjang.

2. Pastikan kondisi sepeda motor dalam keadaan baik sebelum digunakan

Cek kondisi rem, rantai, aki, oli, ban, dan lampu-lampu sebelum berkendara, terutama pengecekan lampu depan, rem, belakang, dan sein.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More