Amogy Hadirkan Truk Berbahan Bakar Amonia Pertama di Dunia, Lebih Bertenaga dari Baterai Listrik

Sabtu, 21 Januari 2023 - 11:21 WIB
loading...
Amogy Hadirkan Truk Berbahan Bakar Amonia Pertama di Dunia, Lebih Bertenaga dari Baterai Listrik
Amogy, pabrikan dari Brooklyn, menghadirkan truk berbahan bakar amonia pertama di dunia yang menghasilkan nol emisi. Foto/Amogy
A A A
NEW YORK - Amogy, pabrikan dari Brooklyn, menghadirkan truk berbahan bakar amonia pertama di dunia yang menghasilkan nol emisi. Truk buatan Amogy mampu menyimpan energi sekitar 900 kWh, seperti Tesla Semi, dan mengisi bahan bakar dalam waktu sekitar delapan menit.

Amogy menyebutkan bahwa Amonia mampu menyimpan hidrogen lebih baik untuk membantu menghasilkan energi bersih dengan kepadatan tinggi. Amogy mengklaim kepadatan energi ammonia 5 kali lebih tinggi dari baterai listrik.

Amonia juga memiliki dua keunggulan utama dibandingkan hidrogen sebagai pembawa energi. Salah satunya adalah cocok dengan suhu dan tekenan sekitar, membuatnya jauh lebih mudah untuk disimpan, diangkut, dan ditangani.

Baca juga; Pertama Kali Airbus A380 Gunakan 100 Persen Bahan Bakar Ramah Lingkungan

Berbeda dengan hidrogen yang perlu dikompresi secara besar-besaran hingga sekitar 700 bar, atau tetap didinginkan secara kriogenik sebagai cairan. Berdasarkan volume, amonia hampir tiga kali lebih banyak dari gas hidrogen, dan berdasarkan berat, lebih dari 20 kali lebih banyak dari baterai lithium saat ini.

Amonia dapat diproduksi dengan bersih dan dapat digunakan sebagai bahan bakar dengan berbagai cara, tanpa menghasilkan emisi berbahaya. Amonia ramah lingkungan dipandang sebagai alternatif bahan bakar bersih untuk industri seperti perkapalan, penerbangan, dan aplikasi lain.

Amogy didirikan pada tahun 2020 untuk mempercepat pengembangan amonia hijau sebagai sumber tenaga untuk transportasi bersih. Perusahaan tersebut mengatakan akan memiliki drone amonia 5 kW yang terbang pada Juli 2021, diikuti dengan cepat oleh traktor amonia 100 kW pada Mei 2022.

Sekarang powertrain amonia ditingkatkan menjadi 300 kW, dan disajikan dalam apa yang diklaimnya sebagai "truk semi nol-emisi bertenaga amonia pertama di dunia". Truk ini diberi nama Freightliner Cascadia Kelas 8 2018, telah dipasang kembali dengan sistem bahan bakar amonia tersampir di bawah kabin dan ditumpuk di belakangnya.

Baca juga; Porsche Buat Bahan Bakar Sintetis Baru Pengganti Bensin

Untuk pengisian bahan bakar amonia hanya dalam delapan menit, dan mampu membawa sekitar 900 kWh dari total energi listrik bersih yang tersimpan. Jumlah ini kira-kira jumlah energi yang sama dengan yang disimpan Tesla Semi dalam paket baterai lithium.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1705 seconds (11.97#12.26)