Amogy Hadirkan Truk Berbahan Bakar Amonia Pertama di Dunia, Lebih Bertenaga dari Baterai Listrik

Sabtu, 21 Januari 2023 - 11:21 WIB
loading...
A A A
“Sistem energi bebas karbonnya ini memiliki kepadatan energi tingkat sistem 5 kali lebih tinggi dibandingkan dengan baterai lithium. Jadi masuk akal untuk mengharapkan kabin ini secara signifikan lebih ringan daripada Tesla,” keterangan Amogy dikutip dari laman NewAtlas, Sabtu (21/1/2023).

Truk itu telah dibangun, diisi dan diuji selama beberapa jam di kampus Universitas Stony Brook. Kemudian dijadwalkan untuk evaluasi kinerja dunia nyata skala penuh di jalur uji akhir bulan ini.
Amogy Hadirkan Truk Berbahan Bakar Amonia Pertama di Dunia, Lebih Bertenaga dari Baterai Listrik


Powertrain Amogy menampilkan cracker amonia yang mengubah amonia kembali menjadi hidrogen. Kemudian menjalankan hidrogen itu melalui sel bahan bakar untuk menciptakan tenaga listrik, dan menggunakan tenaga itu untuk menggerakkan motor listrik.

Amonia merupakan media penyimpanan energi yang tidak efisien, tetapi berdensitas tinggi. Ini membawa kurang dari setengah energi diesel, tetapi lebih dari lithium atau hidrogen, dan dapat diproduksi dan digunakan dengan bersih.

Amonia memiliki keunggulan dalam hal penyimpanan, pengangkutan, dan penanganan, dan sudah tersedia dalam jumlah besar. Jadi sebagai bahan bakar cair yang mudah didapat, ini sangat relevan di sektor pengangkutan.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2156 seconds (0.1#10.140)