Tesla Punya Penggemar Paling Loyal Dibanding Mazda

Kamis, 26 Januari 2023 - 13:00 WIB
loading...
Tesla Punya Penggemar Paling Loyal Dibanding Mazda
Mazda dan Tesla sama-sama dijual di pasar otomotif Amerika Serikat. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Tesla merupakan merek mobil yang paling berhasil membuat konsumen jadi penggemar paling loyal dibanding Mazda. Menurut survei yang dilakukan S&PO Global Mobility, begitu konsumen merasakan mobil-mobil buatan Tesla untuk pertama kalinya mereka akan langsung jadi penggemar loyal.

Hal itu tidak akan terjadi pada mobil lainnya seperti Mazda. Namun dalam penelitian yang sama bukan hanya Mazda saja yang merasakan hal tersebut. Penelitian yang dilakukan di Amerika itu menyebutkan ada tujuh merek lainnya yang sulit membuat konsumen pertama terkesan yakni Audi, Dodge, GMC, Acura, Ram, Mercedes-Benz, dan Volkswagen.

Kedelapan mobil tersebut sebenarnya sangat mampu mencuri perhatian konsumen pertama. Sayangnya mereka justru tidak bisa mempertahankan loyalitas konsumen pertama itu.

"Kegagalan ini tidak hanya membuat mereka sulit untuk mempertahankan loyalitas tapi juga potensi penjualan untuk model-model baru selanjutnya," ujar Erin Gomez, Associate Director of Consulting for S&P Global.



Tesla Punya Penggemar Paling Loyal Dibanding Mazda


Mempertahankan loyalitas memang jadi hal yang sangat penting buat pabrikan otomotif saat ini. Berdasarkan data yang didapat S&P Global sebanyak 58 persen konsumen pertama meninggalkan mobil mereka dalam waktu 12 bulan.

Mereka dapat dengan cepat meninggalkan mobil yang pertama kali mereka beli apabila tidak ada kesan yang berarti. Hal itu yang ternyata dialami oleh Mazda, Audi, Dodge, GMC, Acura, Ram, Mercedes-Benz, dan Volkswagen.

Dalam penelitian itu juga diketahui Tesla bukan satu-satunya merek yang bisa membuat konsumen pertama langsung loyal. Beberapa merek lain yang punya kemampuan sama sama adalah Subaru, Jeep, KIA, Hyundai, dan BMW.



Disebutkan Carbuzz, mobil Hyundai bisa menghadirkan loyalitas tinggi karena portofolio yang lengkap. Hyundai diketahui membanjiri pasar otomotif Amerika dengan berbagai jenis model.

Terakhir mereka menghadirkan mobil listrik baru Hyundai Ioniq 6. Padahal saat ini Hyundai masih berjualan Hyundai Ioniq 5 di wilayah yang sama.

"Di saat yang bersamaan mobil-mobil Hyundai justru mampu memberikan kesan yang sangat khusus. Hal itu membuat konsumen baru justru jadi penggemar yang loyal," terang Carbuzz.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2205 seconds (0.1#10.140)