Ford Siapkan Sistem Pengisian Tenaga Mobil Listrik Berbasis Magnet

Senin, 30 Januari 2023 - 18:13 WIB
loading...
Ford Siapkan Sistem Pengisian Tenaga Mobil Listrik Berbasis Magnet
Teknologi Ford ini akan menghemat waktu pengguna, tidak membutuhkan kabel charger dan lebih mudah digunakan. FOTO/ DAILY
A A A
NEW YORK - Ford of America telah mengajukan paten baru untuk sistem pengisian daya mobil listrik yang berbasis magnet, sehingga pengemudi tidak perlu turun untuk menyambungkan kabul ke kendaraan mereka.



Seperti dilansir dari Carscoops, berkas paten diserahkan ke United States Patent and Trademark Office (USPTO) pada 1 November 2022.

Teknologi ini akan menghemat waktu pengguna, tidak membutuhkan kabel charger dan lebih mudah digunakan.

Namun, sistem ini tidak menggantikan pengisi daya biasa dengan kabel, melainkan berfungsi sebagai sistem pengisian daya tambahan dengan port pengisian daya yang dipasang di bemper mobil.

Untuk memulai proses pengisian, mobil hanya perlu diparkir sejajar dengan charger yang terpasang di dinding atau lantai gedung dengan perpindahan daya listrik yang terjadi secara elektromagnetik.

Teknik tersebut dikenal sebagai pengisian konduktif di mana daya listrik ditransfer melalui ruang antara mobil dan pengisi daya, seperti catatan file paten.

Menariknya, sistem ini dapat diatur baik menggunakan DC arus searah maupun AC arus bolak-balik.

Meski paten ini terlihat menjanjikan, untuk saat ini Ford tidak memiliki rencana untuk memperkenalkan teknologi pengisian daya konduktif ini pada model mobil listriknya dalam waktu dekat atau mengganti kabel pengisian daya biasa.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2518 seconds (0.1#10.140)