Kenali Waktu yang Tepat untuk Ganti Freon AC Mobil

Kamis, 02 Februari 2023 - 16:45 WIB
loading...
Kenali Waktu yang Tepat untuk Ganti Freon AC Mobil
AC mobil merupakan salah komponen penting yang wajib dijaga. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - AC mobil merupakan salah komponen penting yang wajib dijaga. Apabila terjadi sebuah masalah, nantinya kendaraan menjadi tidak dingin dan membuat pengendara tak nyaman.

Sekadar informasi, AC mobil beroperasi mendinginkan ruang pada kabin menggunakan freon. Adapun freon sendiri merupakan senyawa berbentuk gas dan dimanfaatkan menjadi fluida penyerap beban pendingin.

Dari sekian banyak masalah yang bisa muncul pada kendaraan, ketika AC mobil tak dingin, freon menjadi salah satu aspek yang kerap disalahkan. Padahal, cukup banyak faktor yang membuat AC menjadi tak dingin lagi.

Baca juga : AC Mobil Tidak Dingin? Ternyata Ini 8 Penyebabnya...

Mengutip informasi dari laman Auto2000, Kamis (2/2/2023), freon biasa disebut juga sebagai Refrigerant. Teknisnya, dia bisa menyerap udara panas dari dalam kabin mobil, kemudian mengubahnya menjadi suhu rendah yang membuat dingin.

Lantas, kapankah waktu yang tepat untuk ganti freon AC mobil ini?

Seperti yang dijelaskan di atas, freon ini merupakan komponen yang memiliki fungsi penting pada mobil. Maka dari itu, tak salah untuk menggantinya secara berkala atau setidaknya minimal 3 bulan sekali.

Bukan tanpa alasan, hal ini didasarkan pada cara kerja Refrigerant atau freon yang hampir selalu beroperasi di mobil. Maka dari itu, senyawa kimia ini bisa habis seiring penggunaannya.

Baca juga : 5 Penyebab Blower AC pada Mobil Tidak Berfungsi

Pada penyebab lain, freon juga bisa kotor ketika digunakan. Hal ini karena mereka bisa menyerap udara dari luar mobil. Potensinya adalah debu atau kotoran bisa ikut terserap dan mengganggu kinerjanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3735 seconds (0.1#10.140)