AC Mobil Tidak Dingin? Ternyata Ini 8 Penyebabnya...

Jum'at, 18 Juni 2021 - 21:05 WIB
loading...
AC Mobil Tidak Dingin? Ternyata Ini 8 Penyebabnya...
AC mobil tidak dingin membuat pengemudi tidak nyaman, apalagi pada siang hari saat terik matahari menyengat. Foto: ist
A A A
JAKARTA - AC mobil merupakan komponen penting kendaraan. Perannya untuk membuat kabin mobil menjadi sejuk sehingga meningkatkan kenyamanan berkendara.

Namun apa yang dirasakan jika AC mobil tiba-tiba menjadi tidak dingin? Hanya sekadar mengeluarkan hembusan angin, tetapi tidak membuat ruangan dalam kabin dingin, bahkan terasa sumpek dan panas.



Hal ini tentu membuat Anda tidak nyaman dalam mengendarai mobil, apalagi pada siang hari saat terik matahari menyengat. Kenali penyebabnya berikut ini.

Dilansir dari Auto2000, mengenai penyebab AC mobil tidak dingin dan hanya menghembuskan angin saja.

1. Freon abis

Ini merupakan penyebab umum yang sering terjadi pada kendaraan mobil. Pasalnya AC membutuhkan freon untuk membuat kabin mobil terasa sejuk. Segera cek ke bengkel spesialis AC untuk mengetahui penyebabnya. Jika terjadi kebocoran pada freon, maka lakukan penggantian selang yang menimbulkan freon cepet abis. Jika tidak terjadi kebocoran maka cukup isi freon saja untuk mengembalikan sensasi sejuk dalam kabin mobil Anda.

2. Extra fan mati

Komponen ini juga mempengaruhi AC mobil Anda menjadi tidak dingin loh. Apabila komponen ini mati maka akan mempengaruhi proses kondensasi. Kondensasi adalah proses yang membuat penurunan suhu di dalam kondensor. Jika extra fan mati maka tidak adanya penurunan suhu sehingga AC sehingga terasa panas masuk kedalam kabin.

3. Kompresor rusak
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2120 seconds (0.1#10.140)